Wonderware InTouch 10


berikut petikan dari email saya dengan orang wonderware jakarta mengenai kelebihan InTouch 10

—-

From: Hartanto [mailto:hartanto@trimaxindo.com]
Sent: Monday, September 24, 2007 5:26 PM
To: Irawan, Juni A.
Cc: ‘Andoko, Setiawan’
Subject: RE: Wonderware New Release Update Seminar 2007 + Apa kabar
 

Halo Pak Juni, 

Beberapa kelebihan di InTouch 10 akan nampak signifikan bila digunakan dengan Wonderware Application Server (IAS). 

Perubahan signifikan InTouch 10.0 dibanding versi sebelumnya:

Grafik baru yg disebut ArchestrA graphics dimana grafik ini berbasis vector, bukan bitmap seperti versi sebelumnya.

Kelebihan dari Archestra graphics:

         Resolution independent, berarti kita bisa convert ke resolusi berapapun tanpa ada masalah dengan grafik yg rusak/cacat.
         Built in communication status, jadi di grafik kita bisa masukkan quality dari komunikasinya, apakah ada masalah dengan security/komunikasi IO, dll.
         Bila digunakan bersama Wonderware Application Server, kita bisa melakukan remote installation utk InTouch.
         Editornya mirip dengan editor grafik (semacam gabungan antara photoshop dan visual studio) dimana kita bisa melakukan editing dari tiap elemen grafik tersebut tanpa harus melakukan “break” seperti halnya kalau kita mau edit symbol/cell di InTouch versi sebelumnya.
         Ada custom properties yg bisa kita gunakan utk animasi, jadi kita bisa manfaatkan itu tanpa harus menggunakan memory tag di InTouch.
         Di animasi bisa kita masukkan script, misalkan saat mouse berada diatas gambar display, display tersebut bisa kita konfigurasi utk melakukan zoom-in.

         Grafik ini adalah .NET Control, sehingga kita bisa menggunakan .NET Control juga dalam aplikasi kita. Sebagai informasi, .NET Control ini akan diposisikan oleh Microsoft menggantikan ActiveX Control secara perlahan2.

InTouch 10 juga akan dibekali dengan library ArchestrA Grafik saat instalasi, jadi ada beberapa beberapa grafik yg bisa langsung kita pakai seperti halnya Symbol Factory di InTouch terdahulu. 

InTouch 10 akan memiliki 3 mode aplikasi:
         Standalone mode, sama dengan InTouch sekarang, tidak banyak perubahan.
         Published mode, dimana kita bisa menggunakan ArchestrA grafik, akan tetapi setelah di-publish, ArchestrA grafik tidak bisa diedit di Window Maker. Kalau mau diedit, harus diedit di Wonderware Application server, baru publish ulang.
         Managed mode, digunakan bersama dengan Wonderware Application Server (IAS). Dengan mode ini kita bisa melakukan update aplikasi secara remote (mirip NAD akan tetapi lebih bagus dan kita bisa melakukan update beberapa InTouch secara bersamaan sekaligus ataupun hanya sebagian saja, terserah kita).Keuntungan bagi engineer adalah tidak perlu repot2 ke site utk install aplikasi, cukup develop dari ruang mana saja, kemudian lakukan remote deployment .Bisa juga digunakan untuk melakukan standardisasi aplikasi sehingga akan sangat memudahkan maintenance. 

InTouch 10 sekarang juga bisa berjalan di Windows CE dan Windows Vista. 

Kesimpulannya, memang kalau dipakai tanpa ArchestrA grafik, bedanya tidak terlalu signifikan dengan versi yg terdahulu, akan tetapi akan sangat berbeda bila fitur ArchestrA Grafik ini diterapkan. 

Regards,

Hartanto


From: Irawan, Juni A.
Sent: Monday, September 24, 2007 10:40 AM
To: S. Andoko
Subject: RE: Wonderware New Release Update Seminar 2007 + Apa kabar
Pak Andoko, Selamat pagi … Apa kabar ….?  sudah ada versi 10 yah … pengen nyoba juga nich… sayang kerjaan sekarang lebih banyak di field instrument …tapi mungkin next company balik ke MMI lagi …. J sekilas saya lihat di website wonderware, kelebihan versi 10 dibandingkan versi2 sebelumnya tidak terlalu significant yah ….  Kira2 apa yang ditonjolkan di versi ini pak .. siapa tahu saya ada kelewat baca… 

Best regards,
Juni Ardi Irawan
~Batam

Ditulis dalam PLC-HMI. Tag: , . 35 Comments »

35 Tanggapan to “Wonderware InTouch 10”

  1. e.one Says:

    IAS 3.0 + i10 emang bikin graphic ciamik mas, cuman itu IAS 3.0 mahal ..ngak masuk logika klo diterapin untuk standalone node. Klo project gede baru terasa manfaatnya IAS ini. Perlu diingat juga IAS itu prosesnya scanning bukan event-driven kaya InTouch. Ya akan terasa sedikit lebih lambat prosesnya karena intouch -> IAS -> intouch ….

  2. Toni Says:

    hehehehe….
    Wonderware InTouch 10 sama aja kayak 9.5 klo kita bikinnya stand alone (tanpa Archestra), hehehehe

  3. juare97 Says:

    wah pengen coba juga nich intouch 10 ….
    sekarang saya balik maen plc dan wonderware lagi …..
    part of my jobs in my new company 🙂

  4. iehar Says:

    Mas,,,
    Klo fungsi dari IAS ap sih? Saya juga lagi belajar InTouch tapi belum tau bgt komponen2nya

  5. juare97 Says:

    wah sayang saya blum pernah coba ….
    cuman ikut seminarnya .. itupun dah rada rupa …

    kalo ndak salah … IAS itu Industrial Application Server …
    nah ini hierarcynya lebih tinggi dari Intouch itu sendiri …

    applikasi2 intouch di berbagai area di plant ini lapor data ke IAS .. anggap IAS sebagai induknya / server …
    intouch di berbagai area ini sebagai client …

    trus kalo ada perubahan tampilan simbol atau typical seperti motor/valve/dll bisa diterapkah dari IAS ini … nanti si intouch ikut berubah juga setelah di update …

    nah untuk jelasnya … lebih baik kunjungi saja …
    http://www.wonderware.com

    kalo belajar intouch … dari user manualnya dah lengkap juga tuh … bisa di coba2 ….

  6. Otomasi Industri Says:

    Pak kira2x wonderware intouch 10 brapa harga ny ?

    • juare97 Says:

      ini …
      kebetulan beberapa bulan lalu minta penawaran ke Trimaxindo ….
      harga bisa berubah dan tag yang lebih besar … tentu lebih mahal lagi …
      kontak aja ke mereka kalo mau tanya lebih detail … sales@trimaxindo.com

      v10.0:
      97-1162U Development Studio Medium 1K/1K/100, v10.0, price US$6,460
      97-1163U Development Studio Large 5K/3K/500, v10.0, price US$9,690
      01-2213U InTouch Runtime 1K Tag with I/O, v10.0, price US$3,255
      01-2215U InTouch Runtime 3K Tag with I/O, v10.0, price US$3,755
      InTouch v10.0 Installation Pack, price US$50

  7. panji Says:

    kok dari ias 3.0 sp2 sy g bs export grafik k intouch 10.0?(intouch g bs import grafik dr ias )

  8. adi Says:

    Pak, kalau udah buat aplikasi di InTouch 9.5, mau di-run di InTouch 10, bisa gak ya?
    Atau harus build dari nol lagi?

    • juare97 Says:

      bisa … buka intouch aplication manager … trus find aplikasinya …
      setelah itu buka pakai window maker. nanti akan di minta konversi.
      setelah dipilih konversi maka otomatis akan diubah.
      setelah itu bisa dijalankan di window viewer.
      catatan: kalau sudah jadi 10 tidak bisa lagi dibuka atau dikonversi di versi 9.5.
      Jangan lupa punya backup aplikasi di 9.5nya.

      semoga membantu …

      • Adi Says:

        Pak, mau tanya lagi ni..
        Apakah InTouch bisa membaca langsung data dari port USB atau serial, Pak?
        Atau harus melalui OPC?
        Terima kasih, Pak..

      • juare97 Says:

        setahu saya sih intouch harus pakai OPC/IO Server/DAServer tuh … tidak bisa langsung.

        kalau baca serial saya dah sering coba … pakai protokol modbus (PLC Modicon Quantum, PLC SCADA Pack) atau DF1 (PLC-5 atau Controllogix – Allen Bradley)
        kalau USB langsung belum pernah … kecuali USB to Serial …
        kalo tak salah controllogix control net ada yang pakai USB langsung juga …. (baru lihat orang pakai, blm coba sendiri)

  9. tulangku Says:

    pak mau tanya, saya termasuk awam dibidang intouch wonderware, mau tanya kalau wonderware intouch 9 keatas apakah bisa berjalan di windows 7 dengan memory 1 GB?

    dan apakah kompatible dengan semua merk PLC??kebetulan saya sedang merancang PLC dengan merk Triplc.ada rs485 dan rs 232 untuk keperluan membuat alat di BATAN..sapa tau nanti bisa pesan disini wonderwarenya.terimakasih dan mohon di reply

    • juare97 Says:

      wah belum pernah coba baik di windows7 maupun di windows vista …
      baru sampai XP saja 🙂
      untuk triplc juga saya belun pernah pakai …

      nah untuk detailnya coba kontak trimaxindo (agen wonderware indonesia) … linknya ada tuh di sebelah kanan…. 😉

  10. sulman Says:

    Mas…

    saya mau tanya, bagaimana caranya convert IT 6 ke IT 10 ?? saya belum pernah pakai WW sebelumnya …

    Terimakasih mas..

    • juare97 Says:

      tinggal buka aplikasinya di intouch 10 saja mas…
      buka intouch application manager, lalu cari folder aplikasi HMI nya.
      setelah muncul tinggal double klik saja. otomatis akan ada notifikasi untuk convert ke versi 10.
      tapi kalau sudah di convert ke versi 10 tidak bisa dibuka lagi di versi 6.

      selamat mencoba….

      • sulman Says:

        terimakasih mas…

        sebelumnya saya coba convert dari versi 6 ke versi 10,tetapi gagal, kemudian saya convert dari 6 ke 8 ok, setelah itu saya convert lagi dari 8 ke 10 baru bisa di buka di versi 10.
        saya tidak tau, apakah ini bisa terjadi ??, karna saya belum pernah pakai IT sebelumnya

        salam
        sulman

  11. juare97 Says:

    mas sulman,

    o begitu yah ….
    saya belum pernah mengalaminya..
    kemungkinan karena beda versinya terlalu jauh dari 6 ke 10 mungkin sudah tidak diakomodir lagi konversi intouch6 ke 10.
    sebagai tambahan, kalau tidak salah intouch6 itu tidak lulus Y2K.

    trims atas sharingnya.

  12. aly Says:

    Assalamu’alaikum..

    Saya mau tanya untuk point berikut;

    “Ada custom properties yg bisa kita gunakan utk animasi, jadi kita bisa manfaatkan itu tanpa harus menggunakan memory tag di InTouch.”

    Contohnya bagaimana itu Pak?
    Mohon penjelasannya ya Pak..
    Terima kasih.

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      wah saya kurang paham pertanyaannya.
      saya terbiasa dengan versi 9.5.
      apakah yang dimaksud buat animasi seperti level, putaran, bergerak atau bagaimana yah?

      wassalam

      • aly Says:

        Animasi discrete pak, seperti meng-on-kan lampu dengan button apakah bisa dengan tidak menggunakan memory tag di InTouch versi 10.?

        Ngomong”, saya mau tanya lagi pak.
        Bpk pernah membuat “HistData” di InTouch blm ya pak?
        Mohon sharingnya pak kalu sudah pernah.

        Terima kasih.
        Wassalam

  13. dikrainly Says:

    aslm.. pak..
    saya sandika.. masih baru belajar tentang plc dan HMI..
    mau tanya dimana saya bisa download software wonderware yg free….( tlong mnta link ya )

  14. alit Says:

    Ass. Pak Juni
    minta tolong saya dibantu pak,
    Saya punya data di S7-300 “Suhu” dg format ‘real’ terhubung dengan OPC Server – KEPServer v4.5(Demo), di KEP saya bisa connect, dg memilih tag data tipe float saya bisa dapat dengan format float ( contoh 43,56 ) menggunakan Quict OPC. next sya menggunakan Wonderware 10.1 ( Demo version), untuk data diskrit, integer saya bisa dapat nilai sesuai yang ada si PLC, but waktu saya mengambil data Suhu yang berformat ‘real’ keluarnya bukan berupa display pecahan (43.56) tapi berupa display berformat desimal (11176xxxxxxx). di WWI tag type-nya saya centang I/O Real.
    gimana solusinya pak……

    makasih banyak pak juni.
    Wass

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      kalau kepserver saya blum pernah pakai.
      saya juga sudah lama tidak pakai siemens lagi. (terakhir th.2005)
      kalau dulu saya pakai dassidirect bawaan dari wonderware intouch (gratis sudah ikut license intouch).

      di intouch, untuk data real, saya tulis di bagian itemnya, misal: DB312,REAL92
      hasil bisa langsung berupa real kalau diletakkan di ##.## .

      wassalam

  15. dika Says:

    pak mau Tanya kenapa tab ActiveX Control Instalation ya gx muncul.. jadi gx bisa menambahkan aaHistClientTrend ke halaman InTouch…mohon gmna cara biar muncul…

  16. nasrullah Says:

    Jika Anda membutuhkan paket program Wonderware (original/ full functional) :
    – Intouch 2012 Development Studio Large 5000/3000/500
    – InTouch 2012 Runtime 3000 Tag with I/O

    Anda bisa membelinya melalui saya via telp/ sms, untuk harga bisa nego karena bekas pemakaian sendiri, namun untuk fungsi tidak berkurang sedikitpun.

    Hp : 082173101616


Tinggalkan komentar