Windows xp embedded akan berakhir 2016??


Bismillah

Pagi ini dapat email dari advantech kalau winxp embedded bakalan berakhir di 2016… Kayaknya dulu baca masih lama end of lifenya…

image

Wah bakalan repot siapin budget lagi buat upgrade software2 HMI windows xp based ini… :(

~publish via mobile

Ditulis dalam ICT. Tag: . Leave a Comment »

sharing: Beginner’s Guide to Differential Pressure Level Transmitters


Bismillah

sekedar sharing bacaan …
iseng di malam hari karena belum ngantuk …

Beginner’s Guide to Differential Pressure Level Transmitters
http://www.controlglobal.com/articles/2009/guidetopressureleveltrans0902/?show=all

jadi ingat susahnya kalibrasi Level Transmitter ini bbrp tahun lalu dengan metode wet calibration gagal trus, padahal sudah ikuti manualnya.
Kalau tangkinya gede, selisih berapa mili saja efeknya ke volume error yang besar …
setelah bbrp kali coba dan masih gagal … dilanjutkan oleh rekan maint. lain (karena saya fieldbreak) dan katanya berhasil, errornya dikit saja setelah dilakukan gauging manual oleh operator sebagai pembanding …

gagal install wonderware intouch 2014 di windows xp


Bismillah

sebetulnya sih sudah tahu infonya kalau install wonderware intouch 2014 di windows xp.
cuman iseng saja install untuk tahu gagalnya dimana ..

ternyata baru mulai sudah langsung gagal :)

Install Intouch2014 di WinXP

Artikel PLC / HMI lainnya:
https://juare97.wordpress.com/plc-hmi/

_________________
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain.

Konektor 1784-U2DHP (USB to DH+) ke DB9 nya PLC-5 – Graceport model C-ABDH


Bismillah

Sekedar sharing ..

Beberapa minggu lalu juare97 dan rekan membutuhkan konektor dari USB to DH+ (1784-U2DHP) ke PORT DB-9 yang biasanya digunakan di processor PLC-5 atau 1785-KE.

1784-U2DHP

1785-KE

Padahal jaman sebelum ini ada model PCMCIA, yaitu PCMK dimana kabel konektor disediakan yang bulat dan DB9.

Sayangnya laptop jaman sekarang tidak ada PCMCIA lagi. L

Dan apesnya saat kita beli 1784-U2DHP tidak ada konektor ke DB-9. Padahal populasi PLC-5 msh lumayan di plant kami. Memang ada alternative lain sih pakai koneksi serial tapi yah kurang cepat aja.

Akhirnya setelah tanya ke Transavia diberikan solusi yaitu membeli adapter Graceport model C-ABDH.

Ya akhirnya kita beli dulu. Tinggal tunggu saja kedatangannya … nanti insyaAlllah diupate kembali …

Artikel PLC / HMI lainnya:
https://juare97.wordpress.com/plc-hmi/

_________________
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain.

Ditulis dalam PLC-HMI. Tag: , , , . Leave a Comment »

Penggantian HMI TT2000 yang blank – the last one


Bismillah

Alhamdulillah akhirnya juare97 dan rekan-rekan maint. kemarin berhasil menyelesaikan programming HMI TT2000 terakhir yang tersisa ada di plant kami dengan menggunakan wondereware intouch.

Dulu sih niatnya mau mengerjakan, tetapi karena ada rencana project lain yang akan dikerjakan dept. lain akhirnya ditunggu saja dulu.
Ternyata sampai sekarang projectnya masih belum bisa dieksekusi karena banyaknya project yang harus dikerjakan di dept. tsb.

Nah dua hari lalu HMI TT2000 ini blank, tidak bisa monitor dan spare sudah tidak ada maka mau tidak mau harus segera dibuatkan.
Oh iya HMI TT2000 ini masih pakai DOS loh …  ;)

Untungnya dari awal sudah ada niat dari rekan field maint. yang mau belajar buat programnya dari awal.
Akhirnya dia ditugaskan untuk membuat dan menyiapkan part2 yang dibutuhkan.
Nah karena kesibukan memang tidak ditarget kapan selesainya. Jadi proses pembuatannya santai saja.

Ketika HMI tersebut mendadak blank akhirnya mau tidak mau juare97 ambil alih lagi programmingnya.
Tinggal melanjutkan dan Alhamdulillah programming bisa selesai dalam 1 hari.

Jadi sekarang semua TT2000 di plant kami di seluruh area sudah ada program dalam bentuk WW Intouch. :)

Proses pembuatan programnya melibatkan banyak software karena saat ini juare97 sudah pakai laptop yang menggunakan windows 8.1.
Sedangkan programnya hanya berjalan di windows xp. Untuk HMI TT2000 nya hanya bisa berjalan di DOS.
Jadi ada 3 O/S disini yang satu di virtualkan pakai VMWare (WinXP) yang satu pakai MsVirtual PC 2007 (DOS). Ini pun yang DOS di simulasikan pakai komputer lain karena ternyata MsVirtual PC 2007 tidak jalan di Win 8.1.

Selain itu lokasinya juga jauh sehingga harus di remote dengan software remote desktop.

Terakhir pakai bantuan excel dan msaccess untuk compare2 data2 address.

Pararel rekan2 field maint. disana dibantu dengan salah satu rekan kami menyiapkan hardwarenya.

Alhamdulillah semalam sudah bisa online monitor.   :)

Tersisa tinggal menyiapkan hardware operator interface panel (versa view, industrial computer) untuk dipasang di pintu panel.

Artikel PLC / HMI lainnya:
https://juare97.wordpress.com/plc-hmi/

_________________
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 138 pengikut lainnya.