update peta navigasi.net di gps garmin Nuvi 40 LM


Sambil mengarungi sungai Mahakam menuju salah satu site di tempat kerja tadi pagi, iseng-iseng buat posting sharing cara update peta navigasi.net di gps garmin Nuvi 40 LM

Berawal dari teman tanya mengenai update peta navigasi.net, akhirnya saya cari tahu di web nya.

Berikut rangkuman langkah2nya:

1. Download peta terbaru dari www.navigasi.net , pilih Menu -> Peta -> Download (atau klik link ini http://www.navigasi.net/goptd.php . Setelah itu klik download dan pilih GPS Garmin dan server yang ada

2. Setelah selesai download, install programnya dengan double klik filenya. Misal nama filenya: navnet_Garmin_v243-NT.exe

3. Ikuti petunjuk dan setelah sampai di window di bawah, pilih Create Garmin map (GMAPSUPP.IMG)

4. Setelah proses selesai instalasi selesai, ambil micro SD Card dari GPS Garmin dan pasang dari Card Reader dan hubungkan ke komputer

5. buka folder hasil installan tsb yaitu C:\MyMaps\navigasi\Garmin

6. Copy file gmapsupp.img

7. Dan paste di memory card tsb di dalam folder garmin seperti gambar di bawah.
Catatan: sebaiknya sebelumnya zip dulu file yang lama untuk backup.

8. Setelah itu tinggal lepas Micro SD Card itu dan pasang di GPS Garmin

9. Hidupkan GPS dan otomatis peta akan diload.

10. Berikut peta navigasi.net sebelum diupdate

11. Dan ini sesudah diupdate. Ada perubahan versi

Terima Kasih ke tim Navigasi.net dan rekan2 lain yang trus mengupdate peta Indonesia ini. Semoga trus diupdate dan semakin lengkap …

31 Tanggapan to “update peta navigasi.net di gps garmin Nuvi 40 LM”

  1. Donny Cahyadi Says:

    Salam Kenal Om Ardi, saya sudah coba panduan update GPS nya dan berhasil.
    terima kasih atas sharingnya.

  2. keliek sw Says:

    selamat sore pak. sy baru dpt kiriman Nuvi 50 LM. Pertanyaan saya, apakah dalam pembelian tidak diberikan memory card? bagaimana spec memory card yg dibutuhkan dan biasanya apa isinya. Kemudian apakah di dalam gadget tersebut ada internal memori? makasih

    • juare97 Says:

      waktu itu sih saya beli di prj. mungkin lagi promo dikasih memory card sekalian peta navigasi.net.
      kalau beli ditempat lain saya kurang tahu.
      tapi memory cardnya umum kok. micro sd atau micro sd hc. 2 GB sudah cukup.
      saya dikasih v-gen 2 gb micro sd biasa.

      di dalamnya ada internal memory card. map bawaan yaitu map malsing kalau tak salah dan programnya disitu. kabel usbnya tidak dikasih. tapi kabelnya umum.

      berikut posting saya saat beli garmin ini.
      https://juare97.wordpress.com/2013/06/14/beli-gps-garmin-nuvi-40lm/

  3. ulfa Says:

    salam kenal pak, saya akan coba download, karena pas sy jemput suami ke bandara juanda peta tidak sesuai dengan jalan yang ada sekarang karena juanda ada jalan tol baru dan belum ada di peta.tapi sya takut kalau tidak berhasil dan malah peta yang lama hilang, apa hal itu bs terjadi pak? terimakasih>>> “ULFA Tuban”

    • juare97 Says:

      salam kenal mbak … peta navigasi yang lama bisa di backup .. di zip di folder tsb (langkah 7) atau di copy ke komputer…. jadi kalau gagal masih bisa pakai file lama … dan bisa kasih masukan loh kalau ada yang salah petanya ke navigasi.net … tinggal komen saja di forumnya …

  4. febrian Says:

    mas maaf saya mau nanya, kalau yang navigasi.net ini sama yang asli garmin sama mas ? trus fitur2 yang asli dr sananya jd ilang ga ? thanks 😀

    • juare97 Says:

      peta navigasi.net beda dengan peta bawaan garmin.
      fitur2nya sih tidak hilang …
      peta, POI nya nanti beda saja. Kalau sudah punya peta navigasi.net coba aja diganti2 petanya. Nanti kelihatan bedanya.
      Enaknya navigasi.net free dan kita bisa kasih masukkan ke forumnya. Contohnya, komplek saya baik di navigasi.net dan peta bawaan garmin tidak ada. Nah pas saya minta ditambahkan di forum navigasi.net sudah diupdate sama mereka. Sekarang saya pakai navigasi.net trus.
      Nah sewaktu2 kalau butuh (misal di navigasi.net tdk ada) tinggal ganti peta saja.

  5. Setiawan Says:

    GPS garmin di artikel di atas type berapa pak dan berapa harganya?

  6. nanda Says:

    memory card terletak di bagian mana?

  7. rangga Says:

    Thanks infonya sya baru install n bisa, tampilannya beda dr garmin ya, tp lumayan, info poi lebih lengkap n warna warni

  8. Tommy Says:

    Salam Pak Juare

    GPS sy tipe Nuvi 2565LM , map masih dari awal beli CN INDONESIA NT 2011 punya
    Sy sudah download navnet_Garmin_v247-NT.exe

    Pertanyaan saya:

    1. GPS sy tanpa memory card, apakah bisa sy buka .exe nya lalu install langsung ke folder GPS yg tersambung ke PC lwat USB..
    bila bisa sy mesti install ke folder mana ?

    2. Sy ingin juga download yg map resmi garmin 2013.30 tapi krn tdk lewat web resmi garmin mesti beli map nya.
    sy cari di website ini bisa install map resmi bawaan garmin http://garmin.co.id/2013/09/download-city-navigator-indonesia-nt-2013-30/

    tapi disana terdapat 5 link , sy bingung pilih yg mana…

    3. Apakah bisa install update maps tanpa menggunakan memory card sama sekali, lsg ke directory folder di GPS tersebut..?

    Terima Kasih Banyak Pak Juare…

    • juare97 Says:

      Salam juga Pak Tommy,

      wah saya kurang tahu kalau tipe Nuvi tsb.
      paling enak sih mending bawa ke Garmin service center saja.
      Biar diupdate disana.
      Dulu waktu saya beli, cara itu merupakan salah satu opsi yang mereka tawarkan.

      Demikian.

  9. Tri agus Says:

    Pak saya ditawari garmin 40lm kok 2,3 juta ya

  10. joni Says:

    selamat pagi juragan juragan..saya menawarkan gps garmin NUVI 40 LM NEW dulu beli di salesnya NISSAN. saya jual hanya 1.400.000 aja..sisa 1unit.Cod di MOJOKERTO monggo.Lewat REKBER kaskus monggo.cp : 085737686868.matur suwun

  11. agnes Says:

    pak saya sudah ikuti langkah2nya, tapi saat masukkin micro SD card ke garmin kok ngga ke detect ya map yg baru? cuma ada malsing dan CN Indonesia. Terimakasih pak, mohon bantuannya

  12. johan Says:

    gan, maps sya masih 2011 , mgkn agan bisa bantu untuk update maps yg 2013 , matur nuwun…

    • juare97 Says:

      gan, sampean coba kontak saja service centernya … biar aman.
      saya belum pernah update tapi kalau baca dimanualnya (dapat dari internet) bisa dilakukan .. coba download dulu user manual sesuai dengan tipe gps yang agan punya ..

  13. Ahmad Iqbal Says:

    mas mau tanya, punya saya nuvi 50 lm, pas step ke 9, mapnya ga load otomatis, ada ga cara manualnya? trimsss

    • juare97 Says:

      kalau punya saya langsung load otomatis.
      tentunya langkah 10-11 harus dilakukan untuk memilih peta navigasinya.

  14. sukarmo Says:

    thanks artikel nya saya coba dulu mudah mudahan behasil

  15. Mas Agung Guanteng Says:

    Infonya bermanfaat banget….thanks ya gan….semoga ilmu yang bermanfaat ini menjadi pahala gan

  16. Oktavianus Sinaga (@osinaga) Says:

    sekedar menambahkan, utk update map indonesia di gps garmin bisa juga coba di http://id.garmin.com/mapupdater instruksinya mudah dan saya sdh coba dan berhasil. salam.

    • juare97 Says:

      makasih infonya mas.
      dulu pernah saya cari2 dan coba2 update. tapi belum ada pilihan update map nya.
      baru update2 gbr kendaraan.

      nanti mau coba lagi…


Tinggalkan Balasan

