sekring cigarette lighter Nissan Grand Livina (GL XV MT 2012)


Beberapa minggu yang lalu, saya punya masalah di cigarette lighter Nissan Grand Livina (GL XT MT 2012) yang tidak bekerja karena putus sekring / fuse nya. Putusnya ini disebabkan penggunaan dari pompa ban portable yang mungkin saat digunakan arusnya melebihi dari rating ampere sekring tsb.

Arus yang tertulis di karton pompa adalah 13 A, sedangkan sekring yang dipakai 15 A.

Sebetulnya sudah beberapa kali saya pakai di mobil GL saya. Tetapi waktu itu saya tes untuk ban kijang punya ortu saya.
Entah kenapa tiba-tiba setelah 2x pemakaian pompa tidak mau bekerja. Yah ternyata sekringnya putus.

Berhubung baru punya mobil GL ini, akhirnya tanya-tanya ke milis nissan-livina@yahoogroups.com akhirnya dapat solusinya. (terima kasih atas tanggapan & jawaban rekan2 milis: Ahmad Taufik, Arifin Hakim, Chandra B., Ronny Hermawan, dll)

Berikut ini yang saya lakukan beserta photo dokumentasinya.

Box Sekring ada di bagian bawah kanan di samping setir diatas tuas kap mesin/bensin. Tinggal tarik saja dengan dua jari. (agak keras sedikit)

Setelah terbuka tutupnya. Maka berikut penampakan terminal sekringnya.

Untuk mengetahui sekring-sekring tersebut digunakan untuk apa saja, lihat di balik penutup yang kita lepas tadi.

Nah cigarette lighter ada di bagian bawah no.2 dari kanan

Cabut sekring tersebut. Jangan pakai tangan (supaya tidak lepas ) tapi gunakan tang penjepit (tang cucut, kata mas Ahmad Taufik).

Nah berikut perbandingan yang sekring yang putus (orisinil) dengan yang baru (beli ditoko, harganya rp 1500 saja. Kalau beli di BeRes (Bengkel Resmi) bisa kena Rp 15rb. Mungkin karena orisinil)

Untuk memasangnya, gunakan tang kembali. Dan tekan dengan jari.

Setelah selesai, alhamdulillah cigarette lighter bisa dipakai lagi.

Biasanya saya pakai cigarette lighter ini untuk pompa ban portable dan vacuum cleaner portable.

Semoga sharing ini bisa membantu rekan2 yang mempunyai permasalahan yang sama di kemudian hari …

18 Tanggapan to “sekring cigarette lighter Nissan Grand Livina (GL XV MT 2012)”

  1. Azzurimale Says:

    Thank you for sharing… very helpfull.

  2. nurdin Says:

    Terima kasih sharingnya, saya mencari sekring cigarette di kap mesin kagak ketemu, ternyata disini ya

  3. Bama Says:

    trims… sangat membantu sekali artikel anda… saya save imagenya ya? buat disimpen di hape biar klo sewaktu putus, bisa inget…

  4. aang Says:

    klo sekring lampu stengah di sbelah mana ya?

    • juare97 Says:

      wah kurang tahu mas … di tutupnya juga tidak tertulis ….
      mungkin ada jalur lain kali.
      coba konsul di mailing list nissan aja atau tanya di bengkel nissan…

  5. marsudiyanto Says:

    Ternyata banyak yang nyari di kap mesin (termasuk saya), tapi setelah baca info ini akhirnya ketemu jawabnya.
    Makasih atas info ini, sederhana tapi sangat penting bagi yang awam seperti ini.
    Apalagi disertai foto juga.
    Salam

  6. silo Says:

    hahaha, saya juga nyari2 di kap mesin, ternyata dibawah setir ya, trims infonya, ringan tapi bermanfaat,

  7. Deny Says:

    Saya juga mengalami hal yang sama dengan anda. habis menggunakan pompa portable sekring langsung putus. kemudian sekring lighter saya ganti dengan yang 20 ampere. sampai sekarang belum ada masalah untuk pompa dengan pompa portable yg tertera di pompanya berukuran 18 Ampere. kalau anda gimana? apakah masih bisa untuk pompa lighter nya?

  8. Robert Raditya Says:

    Trimakasih banyak…infonya berguna utk sy.. Krn sy pake lighter utk charge hp.. Semoga banyak rekan lain yg mendapat manfaat dr tulisan ini.

  9. Rif Tintin Says:

    kalo fuse lampu senja/ kota yg mana yah? mksh


Tinggalkan Balasan

