koneksi RSLogix5000 – RSLinx – RSEmu5000 dan Intouch – RSLinx – RSEmu5000


berhubung ada yang tanya, setelah di jawab … sekalian aja masukin blog ….

kamu harus punya rslinx yang bisa jadi DDE Server .
berikut langkah2 komplitnya:

Koneksi RSLogix5K ke RSEMU5K
1. buka RSLogix 5000, pastikan dah ada programnya dengan beberapa tag buat ngetes
2. jalankan RSEMU5000, insert slot 1 dengan Emulator RSLogix
2. buka RSLinx
3. configure driver .. pilih virtual backplane (softlogix 58xx, USB)
4. kalo sudah running, check dengan RSWho.. harusnya ketemu … Emulatornya
6. balik ke RSLogix, coba connect via RSLinx ini ..
7. nanti processor existing disuruh ganti dengan Emulator ini … biasanya processor di slot 0 .. jadi harus pindahin ke Slot 1
8. kalo sudah Online … tinggal download programnya …

dengan langkah diatas, kita sudah bisa bermain dengan emulator ini dari RSLogix..
test saja dengan tagname yang integer ..

Untuk koneksi dari Intouch ke RSEMU:
1. dari RSLinx, pilih DDE/OPC
2. lalu klik topic configuration
3. buat topic baru dan tinggal pilih ada emulator itu via drivernya (AB_VBP-1), lalu apply
4. buat memeriksa, buka program OPC Test Client di Start Menu, foldernya RSLinx -> Tools
5. pilih server, connect ke RSLinx OPCServer, lalu buat group->add group kasih nama terserah saja lalu pilih item->add item, pilih RSLinx OPC Server, dan pilih Topic name yang tadi dibuat di langkah 3, lalu pilih online, harusnya sudah ada list tagname yang di monitor .. tinggal double klik dan kita bisa memonitor
6. langkah 4 dan 5 bisa di lewati bila sudah familiar .
7. buka intouch window maker, buat access name dengan Access .. terserah .. samakan saja dengan Topic di RSLinx, lalu Applicationnya isi “RSLINX”, topic name harus sama dengan topic yang dibuat
8. nah tinggal buat tagname di tagname dictionary .. pilih access name yang tadi dibuat di langkah 7, dan itemnya disama dengan testing di langkah 5..
9. yang perlu diperhatikan, di RSLogix5K punya Controller Tags dan Program Tags .. item ini akan berbeda nanti… ini kelihatan jelas di langkah 5 ketika kita memonitor .. untuk simplenya … buat saja semua tag di Controller tag.
10. tinggal buat animasi deh …. (harusnya sudah familiar dengan intouch kan … jadi ndak perlu dijelaskan lagi disini …)

semoga membantu …

salam,
Juni
https://juare97.wordpress.com

2008/11/15 Elang Arivian <myelang@gmail.com>

ada yang bisa connect  intouch rsemu 5000 nggak?
kasih tahu caranya dunk? thank

–~–~———~–~—-~————~——-~–~—-~
–!!– Anda menerima pesan ini karena Anda tergabung pada grup  “interface forum” –!!—<x,y>-
Kirim pesan : interface-forum@googlegroups.com
Share Image: interface-forum@ploggle.com
Keluar group : interface-forum-unsubscribe@googlegroups.com
Url : http://groups.google.co.id/group/interface-forum
-~———-~—-~—-~—-~——~—-~——~–~—

69 Tanggapan to “koneksi RSLogix5000 – RSLinx – RSEmu5000 dan Intouch – RSLinx – RSEmu5000”

  1. myalfian Says:

    terima kasih buanget mas yach. abis nich aku coba lagi.
    goodLuck Mas..

  2. juare97 Says:

    ok, sama-sama …

  3. andy odank Says:

    mas juni,

    Tolong kasih tau step2 konfigurasi new hardware instrument, misalnya pasang baru Press Transmitter agar dapat dipantau di HMI dengan software RS Logix 5000.
    Mulai dari module I/O sampai masukan range di software serta perintah alarm / shutdown sistem dan desain display di HMI agar dapat dipantau oleh operator.
    Maklum mas saya orang baru di PLC

    Terima kasih

    • juare97 Says:

      #buat andy odank#

      wah bisa panjang ceritanya alias bisa bikin artikel baru ….
      kalo sekarang masih belum bisa nulis panjang2 mas andy ….
      selain itu saya blum pernah coba2 dengan RSLogix5000 kalau ada transmitter baru …
      saya harus coba-coba dulu …. (bisa aja bandingin ke program yang sudah ada, tapi tetap butuh waktu lihat2 supaya tdk salah kasih info)

      mending anda tanya ke orang rockwell atau transavia langsung aja ….
      mereka full support kok …

      maaf yah ..

      • andy odank Says:

        Mas Juni,

        Mau tanya ya. Saya lagi belajar RSLogix 5000 nih. Saya sudah install RSLinx, RSLogix5000 V.15.01 dan RSEmu 5000.
        untuk CPU saya install di slot 1 (RSEmu), RSLinx di slot 0 dan I/0 di slot 2.

        Setelah selesai saya coba untuk buka dari RSLogix 5000 V.15.01. Sewaktu akan saya online, saya ditanya begini.

        ‘Saya harus update firmware saya. RSEmu 5000 firmware versi 16.29
        sedangkan RSLogix saya firmware nya versi 15.01
        Jadi untuk menjalankannya saya harus update RSLogix 5000 dgn versi 16.29’

        Saya mau tanya solusinya bagaimana dgn update firmware ini? apakah ada trick lain agar saya bisa jalankan RSEmu 5000 ini pak?

        Sebelumnya saya ucapkan terima kasih…

        Salam,
        Andy Odank

      • juare97 Says:

        begitulah adanya … harus sama versi. makanya kalau install pilih semua versi. coba cek di installer rsemu itu ada nggak pilihan rsemu v.15.01. kalau ada diinstall saja. kalau tidak ada coba kontak orang Rockwell atau Transavia. Tapi biasanya sih tidak dikasih gratis, mereka suruh upgrade alias beli. 🙂
        tapi kalau sudah kenal btul alias konsumen yang loyal mungkin mereka bisa kasih. mungkin lohhh … 🙂

      • hess Says:

        memang , rslogix ribet, kalo, mau ke lap yang pake Logix5000, FIRMWARE harus lengkap, , buat rockwell/AB itu masalah di produk mereka, ga support antar firmware.

        biasa nya aku install semua firmware

      • hess Says:

        tanya ma temen temen di web, kali ada yang punya CD nya.
        itu masih legal, kalo bukan masalah aktivasi

        selamat berburu

  4. yedi Says:

    boss lam knal mo langsung nanya boleh ya!
    kalo kabel kabel dari pc ke plc-5/40 namanya apa trus jenis com nya apa ya(rs232,rs422,rj,dll)klo ada sih ma photonya.oke
    terima kasih
    bravo buat abang
    (soalnya pemula buat plc america tau eropa pusing)

    • juare97 Says:

      #buat yedi#
      kalau saya sih pake RS232, protocol DF1 .. dia pake DB-25 tuh …
      di komputer baru pake COM1 (DB-9) ..

      ada tuh internal wiringnya di buku manual PLC-5 …

      nanti saya kirim photonya lewat email saja …

  5. panji Says:

    halow mas maw tanya,klo cr konect ias k emu 5000 gmn yawh

  6. panji Says:

    pas conect intouch rs emu 500o ad tulisan eror status $1fe00204…,:<

  7. panji Says:

    halow mas…,kok g ad yawh topicnya wkt d check?tyuz d active item ad tulisan eror $ 1 fe00204, :<

    • juare97 Says:

      mungkin ada yang salah step2nya kali …
      coba buka RSLinx, klik di DDE/OPC .. pastikan topicnya pas di klik langsung ke target processor di RSEmu itu ….
      kalo ndak yah harus dirubah ke processor itu ….
      pastikan juga RSEmunya sudah ada emulator processornya …

      smoga bisa membantu

  8. panji Says:

    topic dh terhubung,procesor=emulator is ok,waduh jd pusing….,:<

  9. Ucup Says:

    Assalamu’alaikum…..
    Mas tanya lagi nich, gimana caranya membuat tampilan windows intouch 9.5 yang telah kita bikin bisa langsung running saat kita nyalain pc(Win Xp) kita? trus cara minimize-nya gimana?perlu apa aja?
    Terima kasih
    wassalam

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      sebetulnya ada 2 metode yang saya ketahui:
      1. Jalankan window viewer sebagai service. Buka Intouch application manager. Pilih tools-> node properties. Di tab App Development centang Start WindowViewer as a service.
      2. Letakkan shortcut window viewer di startup window. Umumnya di letakkan di folder startupnya All user.
      Contoh: C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup\

      Kebiasaan saya lebih senang metode no.2.
      Kelemahannya bisa diinterupt ketika login windows langsung tekan tombol Shift. Tapi kelemahan ini keuntungan bagi kita saat masih development. Terkadang kita butuh restart tapi ketika login tidak membutuhkan viewer langsung active.
      Smoga usernya tidak tahu trik ini. (umumnya sih tidak tahu).

      Untuk meminimize … saya rasa tidak perlu selama tombol windows masih active.
      Permasalahannya ada script yang mematikan ini. Enabledisablekey atau ketika di konfigurasi window viewer di non active kan tombol control Ctrl, All, Esc.

      Nah kalo saya sih pakai script saja. Ketika user rendah misal operator, access level 1000 saya aktifkan command ini. Kalau level admin (>9000) kita nonaktifkan.
      Sebetulnya ada sedikit masalah pakai script ini. Tapi kalo komputer ini stand alone tdk terhubung ke jaringan. masalah ini tdk significant.

      Suka ada pengalaman, kalau development ketika viewer active suka hang programnya.
      biasanya saya matikan dulu baru saya buka makernya. atau buat di komputer lain.

      saya rasa cukup segini dulu …

      wassalam,

  10. Tresna Says:

    Assalamu ‘alaikum.
    Mas Juni mau tanya nih….
    Berhubung saya punyanya RSLogix 500 dan RSEmu 500 jadinya saya coba pakai itu. Alhamdulillaah berhasil. Kebetulan saya masih awam di InTouch. Saya pernah melihat teman yang memakai InTouch yg terkoneksi ke PLC. Pada saat memasukkan Tagname di Tagname Dictionary dia mencentang Use Tagname as Item Name, sedangkan pada proses belajar yg saya lakukan, pada item saya masukkan alamat PLC seperti B3:0/2. Kemudian teman saya memasukkan alamat memory tersebut di SMC yang telah lebih dahulu di instal Drivernya (teman saya menyebutnya DAServer). Nah apakah bisa koneksi RSEmu – RSLINX-InTouch ini dengan cara seperti itu?? yaitu memasukkan Address dari PLC pada tagname-nya di DAServer?

    Maaf kalo bahasanya belepotan 😀
    Syukron..

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.
      maaf baru bales sekarang ….
      kemungkinan dia pakai Controllogix kali mas …
      soalnya tagnya sudah tagname … bukan B atau N lagi …
      kalo PLC-5 dan SLC masih pakai itu …

      jadi ketika kita pakai intouch untuk ambil data dari controllogix, kita sudah bisa buat sama tagname intouch dengan tagname controllogixnya. sehingga tinggal centang saja “tagname as item name”. sama persis sih ….

      semoga bisa menjawab.

      wassalam

  11. bagja Says:

    sy sudah menginstall satu paket software RSlogix 500 micro starter lite+RSLinx classic+RSemulator,,,

    tp pada “avalaible driver type” di RS linx Classic Lite tidak ada pilihan “SLC 500 (DH485) Emulator driver”. sehingga RSLogix 500 tidak bisa terhubung ke RSemulator,,

    bagaimana solusinya?

    • juare97 Says:

      wah nggak ada “SLC 500 (DH485) Emulator driver” di RSLinx Classic lite yah…
      kebetulan saya belum pernah coba RSLinx Classic lite…

      dulu kayaknya ada yang pernah bilang bisa…
      mungkin ada rekan2 lain yang bisa share…

  12. imamx Says:

    dimana bisa dapat rs 5000 & emu 5000 rs linx gratis?

  13. boimlennon Says:

    mas juni, kalau mau conect RS emu ke wonderware intouch gimana caranya ya? Trims,

    • juare97 Says:

      mas boim,
      kalau RSEmu5000 ke Intouch sudah dibahas di atas …

      Untuk RSEmu5, item 3: pilih driver: PLC-5 (DH+) Emulator Driver
      Untuk RSEmu500, item3: pilih driver: SLC 500 (DH485) Emulator Driver

  14. boimlennon Says:

    mas Juni, kalau pake RSlinx lite ga bisa ya? ada cara lain?

    • juare97 Says:

      kayaknya nggak bisa, soalnya RSlinxnya harus bisa sebagai OPC Server (licensenya: RSLinx Classic Gateway / RSLinx Classic Single Node).

  15. Sasongko Says:

    Assalamualaikum Wr Wb..
    Mas Juni, nama saya sasongko mas. saya baru banget nih di PLC, lagi belajar AB pake RSlogix5k. saya udah coba2 buat logic I/O sederhana trus saya simulasikan dengan RSEmulate5k, berhasil. tapi ketika saya coba simulasi dengan contoh program yang udah jadi dari temen ko ga mau ya mas? udah konek, tapi I/Onya jadi not responding. kenapa ya kira2 mas? apa ada langkah yang saya lewatkan ya? mohon infonya mas. trims sebelumnya.

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      saya sih blum pernah berhasil coba module I/O simulatornya dengan program yang sudah punya module2 I/O.
      biasanya saya pakai rsemu hanya pakai emulator processor saja untuk coba untuk mempelajari perintah-perintah atau maksud dari program rung tsb.
      selain itu juga baca-baca help (instruction help).
      sampai saat ini sih sudah cukup.

      mungkin ada rekan lain yang sudah pernah coba dan berhasil untuk sharing2 disini?

      terima kasih

      • Sasongko Says:

        naah.. gitu maksud saya mas. saya mau coba simulasi untuk mempelajari maksud dari program yang dikasi temen saya itu mas. jadi mas Juni kalau gitu hanya menggunakan controller emulatornya aja ya? itu yang di program jadi, cuma perlu ganti controllernya ke emulator gitu mas?

        di program temen saya ini pake module cnbr & enbt. apa perlu juga set IP ke IP lokal komputer mas? mohon infonya.. trims sebelumnya.

      • juare97 Says:

        iya, otomatis ketika mau connect dan download ada info suruh ganti controller jadi controller emulator.

        kalau tidak salah cnbr dan enbt tidak ada simulasinya di rsemu.

  16. ujang Says:

    Mas Juni,

    saya punya Logix5000 ver 17. tp emulator ama rslinknya ga punya, mungkin mas Juni punya link buat saya unduh??

    trima kasih

  17. ahmad fauzi Says:

    Assalamualaikum wr.wb,

    Salam kenal Mas Juni, dan mohon ijin untuk nimbrung ke Blog Mas Juni, mas ada yang ingin saya tanyakan seputar PLC AB Logix5000, bagaimana ya cara (step by step) mengupload data program dari PLC ke Laptop pada PLC AB Logix5000 pada saat system sedang running, dan bagaimana cara closenya setelah dilakukan pengambilan data tersebut….????trimakasih sebelumnya….

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      upload program, berikut step by stepnya:
      1. Pastikan program RSLogix5000 yang dipakai versinya sama dengan versi processor PLC yang dipakai. kalau saya Triknya install semua versi, pakai latest RSlogix5000 misal versi 19.
      2. Pastikan RSlinx sudah terpasang
      3. pastikan kabel komunikasi sudah terpasang dan set konfigurasi di RSlinx. Konfigurasi driver tergantung dari kabel komunikasi yang dipakai. Bisa Serial (DF1)/Ethernet/ControlNet/DH+/DH485, dll. Apabila sudah benar cek di RSWho, nanti Processornya akan kelihatan.
      4. Buka RSlogix5000, lalu pilih communications –> who active
      5. setelah itu pilih PLC nya dan upload.
      6. setelah selesai, tinggal save saja dan kasih nama filenya.
      7. setelah itu mau close langsung juga tidak apa-apa (file –> exit atau klik tombol X di kanan atas.

      Catatan:
      Saat Online Jangan sampai merubah Status Controller Run menjadi Program, akan mengakibatkan Sistem Shutdown.

      semoga bisa membantu…

      wassalam,

      • ahmad fauzi Says:

        Terimakasih atas penjelasannya mas jun, ini sangat bermanfaat bagi saya yang sedang mempelajari Logix controller AB, mas jun punya referensi buku kah yang dapat saya gunakan dalam belajar Programmable Logix Control/PLC type AB kah dari tingkat pemula sampai tingkat mahir….???

  18. juare97 Says:

    bukunya ada di webnya AB, http://www.ab.com. lengkap kok. tetapi yah banyak sekali. harus cek satu persatu mana yang dibutuhkan.

  19. ahmad fauzi Says:

    wahhh benerr mas jun banyak banget sampai bingun mau mulai belajar dari mana, mas jun cara mendownload data PLC AB apakah sama caranya dengan mengupload data program PLC AB seperti yang mas jun jelaskan di atas hanya perbedaannya memilih di instruksinya saja (upload or download)???

  20. juare97 Says:

    btul, sama kecuali di step No.5 saja. Pilih tombol download.
    Nah hati-hati disini, kalau sistem lagi jalan maka sistem akan shutdown karena Mode Processor diubah menjadi Program Mode. Output tidak bekerja.

    kalau ada modifikasi supaya tidak shutdown:
    1. online dulu
    2. keyswitch controller dalam posisi Remote
    3. baru ubah dikit-dikit dan compile, dst.

    untuk perbandingan, istilahnya kalau di PLC Modicon, namanya Download Changes.

  21. dimas Says:

    saya ragu dengan poin 9 karena saya menggunakan rs logix 500, bisa dijelaskan lagi? terima kasih

    • juare97 Says:

      kalau RSLogix500 gunakan B dan N saja …
      berbeda di RSlogix5k yang ada controller tag dan program tag.

      untuk koneksi rslogix500 ke rsemu500nya sudah bisa via rslinx kah?
      drivernya SLC500 (DH485) emulator driver. (pengganti step no.3 yang paling atas)

      • dimas Says:

        untuk koneksi dari rslogix500 ke rsemu500 nya alhamdulillah sudah lancar,. terimakasih..

        mksudnya B dan N saja itu apa y? bisa dijelaskan sedikit?

      • juare97 Says:

        misal data discrete, address yang mau di monitor di intouch B3:0/0
        atau untuk data integer, address N9:0
        di RSlogix500 ke Intouch, kita memakai address ini, bukan dengan symbolnya.
        Address ini di intouch ditulis dibagian item name dari I/O Tag (I/O Discrete atau I/O Integer, atau lainnya).

  22. dimas Says:

    Assalamualaikum pak, saya sudah berhaisl menghubungkan Rslogix 500 dengan Rslinx dan Rsemulate 500. tapi saya masih belum bisa konek dengan wonderware. hal yang sudah saya lakukan:
    di Rslogix:
    -pada ladder diagram saya menaruh 1 input dengan alamat B3:0/0 dan 1 output dengan alamat B3:0/1
    -save program
    di RsLinx:
    – saya sudah membuat driver SLC500 (DH485) emulator driver
    -saya sudah membuat topic baru di topic conf
    di WW windowmaker:
    -saya buat script sederhana,
    IF tombol == 1 THEN
    lampu = 1;
    ELSE
    lampu = 0;
    ENDIF;
    -saya buat satu “tombol” dengan type i/o discrete;
    -satu “lampu” dengan type i/o discrete
    -saya buat access name sesuai dengan cara2 diatas, (walaupun saya bingung dengan “topic name harus sama dengan topic yang dibuat” pada point 7)
    -saya beri item name “tombol” dengan B3:0/0 dan “lampu” dengan B30/1
    apakah masih ada yang kurang? bisakah bapak memberi saya alamat email bapak agar saya bisa memberikan gambar printscreen yang sudah saya kerjakan agar lebih mudah menganalisanya?
    terimakasih sebelumnya.. 😀

  23. dimas Says:

    Alhamdulillah problem solved pak, saya ceroboh, pada point 7, saya malah mengisi node name, harusnya dikosongkan.. terima kasih bimbingannya pak.. 😀

    • juare97 Says:

      alhamdulillah …. sama-sama…

      maaf agak telat merespon karena kalau sedang fieldbreak 2 minggu saya jarang online.
      fyi, node name dipakai jika opc servernya ada di komputer lain. node name adalah nama komputer tsb.

  24. anticsl Says:

    Asslm..maaf pak,mau ikut nimbrung juga,mau nanya dit4 kerja kami juga pake RSlogix5555 dan kami belum punya softwarenya(baru pesen ke transvia), diplc kami sering muncul alarm plc bad quality occured,kira2 penyebabnya apa yak pak?..makasih

    • juare97 Says:

      Wa’alaikumsalam wr.wb.

      saya blum pernah mengalami.
      tapi itu bisa dilacak.
      Kalau ada alarm seperti itu, pasti munculnya di HMI / Operator Interface Panel yah?
      Nah HMI yang dipakai apa? misal FTView ME / SE atau Wonderware Intouch.
      Jika ada punya softwarenya plus backup aplikasinya, bisa dibuka.
      Nanti ditelusuri bagian Alarm itu ditrigger oleh Address apa di PLC.
      Nah baru di cek di PLC nya address tsb logicnya apa, apa yang mentrigger.

      terima kasih

      • anticsl Says:

        oiya pak, ditempat kami ada 2 HMI nya pak,1 dilokal,anti g tau softwarenya apa tapi brandnya sasakura, trus 1 lagi di Control room (DCS) pake dyasis netmation,nah kalau yg diControl room alarmnya PLC bad occured pak,tapi klo ngelihat trend HMI yang dilokal, alarm tsb g ada pak, adanya malah Emergency PB ON,padahal g ada yg mencet emergency PB.

      • juare97 Says:

        kalau alarm yang di control room (DCS), apakah parameter process di PLC tersebut bisa dimonitor.
        Kalau tidak bisa monitor, berarti ada masalah komunikasi antara DCS dengan PLC tersebut. Misal kabel komunikasinya longgar/putus.

        kalau di HMI lokal, apakah dia bisa memonitor parameter?
        Kalau tidak, berarti komunikasinya putus sama kayak di atas.
        Biasanya kalau emergency PB ON maka sistem tidak akan bekerja.
        Apakah sekarang systemnya bekerja atau tidak jalan yah (stop).

        Apakah ditempat anti tidak ada yang pegang programnya? baik rslogix maupun software HMI lokal dan DCS nya?

        tambahan.
        dyasis netmation saya blum pernah pakai.

  25. Defist Says:

    Saya mau nanya nih pak, apa mungkin komunikasi intouch dengan RS232 tanpa PLC saya interface kan dengan LED misalnya, Trimakasih

    • juare97 Says:

      wah saya kurang tahu …

      LED yang dimaksud lampu LED yah .?
      kayaknya tidak bisa kalau langsung ke LED … harus ada device seperti layaknya PLC / mikrokontroller yang bisa komunikasi dengan PC via rs232 via protocol misal modbus.

      Nah device ini baru yang mengendalikan LED.

      silahkan share kalau ada yang punya pengalaman …

  26. Defist Says:

    Mau nanya pak, kalu di RSView kan untuk value expression tinggal masukkan nilai di kolom value bisa 0-16 (A-P)
    kalau di intouch gimana cara masukin value-nya pak, trimakasih sebelumnya

    • juare97 Says:

      maksudnya tampilin value atau input value yah saat di run time (view) …

      1. kalau tampilin value …di window maker, di windownya tinggal buat Text .. lalu ketik aja #. Kemudian klik diluarnya … double klik yang ditulis # tadi maka akan masuk ke animation link. Di bagian value display, tinggal klik tombol “Analog”. ketik tagnamenya (kalau sudah ada). Kalau blum maka akan diminta buat. Yang sederhana bisa buat memory tag (memory real/memory integer), kalau ke PLC pilih I/O real atau I/O integer. dst nya.

      2. sedangkan kalau supaya bisa input value .. tinggal buat Text .. lalu ketik aja #. Kemudian klik diluarnya … double klik yang ditulis # tadi maka akan masuk ke animation link. Di bagian touch link tinggal pilih tombol “Analog”. ketik tagnamenya (kalau sudah ada). Kalau blum maka akan diminta buat.

      • Defist Says:

        trimakasih sudah di respon pak.. oh, maaf pak. maksud saya untuk animasi fill color discrete expression kalau di RSView bisa samapi 1-16 artinya animasi colornya bisa banyak sesuai value nya, saya sudah buat tagname nya misal statusmotor itu punya 4 kondisi 1-4 ; 1: hijau, 2: merah, 3: abu2, 4:blink kuning. masalahnya di intouch fill color discrete expression hanya punya 2 kondisi 1, true: merah misalnya, 0, false: hijau misalnya, jadi untuk nilai yang lain tidak ada. bagaimana caranya supanya bisa 4 kondisi yaitu merah, hijau, abu2 dan blink kuning. utuk logic sudah tinggal animasinya saja pak. trimakasih banyak atas responya yang sangat baik… kalau boleh minta referensi komunikasi RSLogix 5000 dengan RSView32..

      • juare97 Says:

        bisa di intouch … saya sudah pernah pakai untuk animasi valve. 4 warna.
        fill color nya pilih analog … tapi cuman bisa sekitar 9 warna saja.
        kalau lebih dari itu paling akalin pakai visibility ..

        RSview32/FT View 32 ke RSLogix5000 (mungkin maksudnya ke Controllogix yah) ..
        Pastikan di komputer sudah terinstall RSLinx Enterprise dan kabel komunikasi sudah terpasang antara PC dengan Controllogix
        di RSView/FTView studio tinggal cek di tab Communication (explorer, bagian paling bawah)..
        kalau sudah terdeteksi controllogixnya
        balik lagi ke tab application, buka RSLinx enterprisenya lalu double klik communication.
        maka bisa diset design (local) dan runtime (targetnya) ke controllogix ini…

      • Defist Says:

        trimaksih lagi pak, masalah di Intouch clear berkat bantuan anda. maaf pak, pertanyaan yang saya maksud komunikasi simulasi RSLogix 5000, RSLogix emu, RSView32. saya sudah coba di node-nya di direct driver trus station nya saya pilih virtual chasiss yang aktif tp selalu muncul konfigurasi network tidak cocok padahal sudah saya coba pakai berbagai chanel network type yang ada tapi tetap ga bisa, kira2 gimana pak supaya bisa jalan pakai RSView32 ya? atau pakai DDE atau OPC kalau ini saya blum tau caranya di RSView32.

      • juare97 Says:

        sama-sama …

        untuk pertanyaan berikutnya …
        coba lihat artikel ini mas.
        https://juare97.wordpress.com/2011/02/28/pakai-rsemulate5000-untuk-test-hmi-rsview-me-ft-view-me/

        semoga bisa membantu ..

  27. andhi Says:

    Maaf pak mau banyak nanya nih,maklum gak pernah pegang AB.. hehe..
    1. Nilai Raw Analog input AB brp ya pak,trs formatnya apa integer jg?
    2. Cara konfigurasi ke Flex IO 1794 AENT gmn ya pak?
    3. Saya mau coba konek 1756 L61 ke Vijeo Citect,gmn nulis address di scadanya ya pak?
    sedangkan di RSLogix 5000 nya gak tercantum memori brp?

    Maaf pak banyak nanya.. hehe..

    • juare97 Says:

      berikut jawaban saya ..

      1. Nilai Raw Analog input AB brp ya pak,trs formatnya apa integer jg? –> integer. Kayaknya nggak seragam untuk produk AB. Pernah lihat PLC-5 berbeda dengan Compact Logix. Detailnya saya agak lupa.
      2. Cara konfigurasi ke Flex IO 1794 AENT gmn ya pak? –> wah saya tidak tahu, tapi coba ke http://www.ab.com dan buka literaturenya (search saja). Biasanya lengkap infonya.
      3. Saya mau coba konek 1756 L61 ke Vijeo Citect,gmn nulis address di scadanya ya pak?
      sedangkan di RSLogix 5000 nya gak tercantum memori brp? –> ini saya blum pernah, jadi tidak tahu.

  28. otnat Says:

    saya mau tanya mas…setelah saya menghubungkan rs logix-rslinx-rsemulate 5000 saya sudah bisa dowload program dan sudah bisa online. tapi saat mau merubah rem prog ke rem run rsemulate nya langsung putus dan komunikasi rslinx nya juga putus…..kira2 apa yg menyebabkan itu ya…???versi rslogix dan rsemulate nya udah sama….tlong pencerahannya….terina kasih

    • juare97 Says:

      kalau tidak salah terkadang saya mengalaminya.
      akalinnya dengan buat dulu program baru download.
      kalau ada perubahan, offlinekan lalu ubah lalu download lagi.

      kalau ternyata program error tidak bisa dipanggil, restart komputer.

      kalau program RSemulate 5K error juga yah ada caranya lagi … ada di salah satu artikel yang saya posting di blog ini.

  29. agoestriono Says:

    Assalamuallaikum,
    salam kenal mas juni.

    saya baru belajar plc tetapi menghadapi masalh d tempat bekerja, perusaahan kami menggunakan gas engine yang terhubung dengan kompressor untuk menyuplai gas. Engine package menggunakan AB dengan menggunakan rs logix 5k, pada dsplay menggunakn panel view me.
    permasalahan:
    pada panel view lokal run hours tidak mau berjalan dan oil engine pressure tidak mau naik 4kpa (tidak ada pergerakan) tetapi pada aktualnya pressure normal, ini dapat dilihat dari system engine monitoring (ESM) dapat naik hingga 400kpa.
    – Utuk transduser sudah saya coba ganti dengan baru.
    – untuk system: pressure tranduser. ===> ESM ===> lokal panel
    – Untuk ESM kita dapat melihat load engine oil pressur, rpm, temp oil, dll
    – lokal panel / plc mengambil data parameter engine dari esm.
    – pada panel view untuk parameter yang lain dapat terbaca normal spt rpm, temp oil, load engine dll.
    kemungkinan dapat terjadi masalah d mana? dan klau bisa d kasih solusinya.
    maaf kalau pertanyaannya agak menyimpang,
    terimakasih

    salam
    agus

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      berarti ada masalah koneksi antara ESM dengan PLC AB nya.
      Mungkin pengecekannya bisa dilakukan sbb:
      1. cek kabel, apakah ada yang kendor/putus. Kalau punya kabel cadangan, mungkin bisa dites.
      2. cek module MODBUSnya di RSLogix5K, apakah ada status fault.
      3. cek dengan MODBUS monitor, apakah ESM mengeluarkan data-data MODBUS. Kalau iya, maka tidak rusak. Jika tidak maka perlu dicek settingnya atau mungkin perlu diganti.
      4. kalau kabel dan ESM tidak masalah. Berarti tinggal Module di PLC nya. Mungkin perlu diganti. Asumsi, tidak ada program yang berubah (dalam artian terkadang ada kasus program corrupt dan mengambil dari memory dan ternyata program tsb belum sempurna, bukan FINAL)
      5. tes di simulator room. Buat koneksi ESM ke PLC. Jika sudah mengerti cara kerja programnya akan lebih mudah untuk troubleshootingnya.

      mungkin ini dulu .. selamat mencoba ..


Tinggalkan komentar