Pakai RSEmulate5000 untuk test HMI RSView ME / FT View ME


sudah saya coba petunjuk dari link web di bawah dan bisa dipakai … (saya copy paste juga contentnya)

jadi untuk coba-coba (simulasi) aplikasi HMI RS View ME / FT View ME bisa pakai RSEmulate5000, RSLogix5000  & RSLinx.

Catatan:
———–

saat percobaan:

saya jalankan FTView Studio dulu, kemudian RSEmulate5k disusul RSLogix5K.
Kemudian saya online & download RSLogix5K ke RSEmulate5K.
Di FTView Studio, saya cek communication. kalau sudah muncul Processor Emulatornya, saya tutup FTView Studio. Lalu saya panggil FTView ME Station. Baru load file MER dan Run aplikasi.

Pernah kejadian setelah saya restart komputer langsung saya buka FTView ME Station tanpa membuka FTView Studio, tidak bisa jalan. (entah kenapa, blum cari tahu lebih detail).

Selain itu setelah tutup aplikasi FTView Station, tidak bisa dipakai lagi. harus restart komputer.(entah kenapa, blum cari tahu lebih detail juga).

silahkan share apabila ada pengalaman lain.

selamat mencoba…

—-

http://www.plcdrives.com/forum/index.php?/topic/48202-using-rsemulate-5000-to-test-hmi/

Posted 03 December 2010 – 03:42 PM

View Postlovehurts, on 05 December 2009 – 04:44 PM, said:

Hello,
I am way too new for rockwell and I am trying to figure out how to test the HMI in RSView Studio in the RSEmulate 5000 for last few days. I haven’t been able to figure out how to do that. Please reply if you can help me with instructions/links..
Thanks,
lovehurts

—-

Hey-yo!
Better late than never, eh?
There is an okay set of instructions in the RSLogix Emulate5000 Help Section under RSLogix Emulate 5000 Help>How to…>About connecting the emulator to FactoryTalk View ME or FactoryTalk View SE

I’ve only done this running off my work laptop, which was not connected to any type of network at the time (i.e. in the car/plane simulating a running Logix processor to test my HMI screens).
Obviously to make this work you need RSLinx, RSLogix5000, RSEmulate5000, and RSView Studio and RSView Studio ME Station installed.
Okay, now for the meat and potatos:
Start up RSEmulate and mount a virtual processor in whichever slot your program is using. If i remember correctly, right-click on the slot you would like and choose “add module” or something, i can’t remember. figure it out, thats the easy part.
Next, start up RSLogix, open your program and go to your processor in the I/O tree. Double click on it to bring up your Controller Properties window. Click the “Change Controller:” button. Chose the (for me, 3rd from the bottom) “Emulator RSLogix Emulate 5000 Controller” option. Click okay until you get back to logix.
Next we need to map our virtual driver…Fire up RSLinx and go to Communications>Configure Drivers. Under “Available Driver Types” choose “Virtual Backplane (SoftLogix58xx, USB)” and click the “Add New…” button. If it doesn’t automatically start, be sure to hit the “Start” button in the “Configure Drivers” window.
Now we should be able to see our running “PLC” (RSEmulate5000) running through Linx. Go to Communications>RSWho in RSLinx. You should have a new driver available. Unless you changed the name from the default, it should be “AB_VBP-1, 1789-A17 Virtual Chassis” (or something very similar). Drill down and you should be able to see the RSLinx driver running in slot 0 or 1 and your processor in whichever slot you put it previously.
If you see this you’re good so far. If not, try something else, maybe that will work. Whatever makes sense. Or go cry in the corner. Whatever makes you feel better. anyway
Now we are going to go online with our virtual PLC.
Go back to RSLogix and proceed to go online as normal, except now we are going to select our AB_VBP-1 driver (or rather, the processor associated with the virtual backplane) which we just created. You should be able to download to the emulator’s processor just as a normal PLC.
Once you have successfully downloaded and are in (Remote, probably) Run mode, we will now move to RSView Studio.
Go to your tree on the left-hand side at the bottom. Select “RSLinx Enterprise” and then double-click on “Communications Setup”.
In RSView, you have a shortcut(s) which look to running PLCs for their data. The shortcut defines where the PLC is located on the network, eh?
Taking for granted you only have one PLC to deal with we will remap the path in the “Design (Local)” and “Runtime (Target)” tabs to the virtual backplane processor which we have just created (with multiple PLC shortcuts, it will still work, just not all at once, unless (maybe) you run multiple versions of RSEmulate, haven’t tried that one).
IF YOU CAN SEE THE VIRTUAL BACKPLANE’S PROCESSOR IN RSLINX AND NOT IN RSVIEW, RIGHT-CLICK ON THE “AB_VBP-1” DRIVER IN RSVIEW AND CLICK “Start Browsing”.
Once you have your virtual backplane’s processor selected, I hit “Copy Designtime to Runtime”…not sure if you have to or if it just makes me feel better.
DON’T FORGET TO VERIFY YOUR NEW SHORTCUT by clicking “Verify” in the lower right hand corner. Then hit “OK” in the lower-right hand corner.
Then you should be money.
Since you’re already online with your VPLC in RSLogix, click either the running man or just the play button in RSView to see if everything worked right! If so, congratulations, you can spend all your time at home programming your HMI screens and you will wither away a pale, lifeless controls engineer somewhere deep in your basement. But man, you will have some sweeeeet HMI screens.
If not, step back and think for a little bit (as is always with PLCs) and think of anywhere you could have gone astray.
If you still can’t figure it out, i’m sure we will hear about it.

10 Tanggapan to “Pakai RSEmulate5000 untuk test HMI RSView ME / FT View ME”

  1. Ajat Jatnika Says:

    Assalamua’laikum
    Artikel yang bagus dan menarik saya sudah coba dan buktikan dan ternyata dapat mensimulasikan program yang saya buat. Tapi saya ada kesulitan untuk mensimulasikan program yang saya buat jika saya menggunakan compact logix system. Bagaimana caranya saya simulasikan compact logix dan factory talk view studio karena pada saat saya rumah type processornya semua ladder error. Terimakasih atas pencerahannya.

    Wassalamua’laikum

    Ajat Jatnika

    • juare97 Says:

      Assalamu’alaikum wr.wb.

      saya blum pernah coba kalau processornya compact logix.
      kalau pengalaman saya sih, Kalau program aslinya tidak bisa pakai simulator, maka saya buat program sederhana saja dan hanya saya buat & test untuk ladder yang saya masih ragu apakah programnya benar atau tidak. Semua tag pakai memory tag saja.

      Untuk program lain yang sudah yakin langsung coba di Controller aslinya (kalau masih tahap project & belum Commissioning).
      Sedangkan kalau sudah Running di Plant, yah harus hati2 editnya. Dan sudah yakin tambahan program ini berjalan dengan design kita. (karena sudah coba di simulator).

      semoga membantu.

      wassalam

  2. Fadli Says:

    Assalamu’alaikum wr.wb Pak Jun,
    Salam kenal dari saya. Nama saya Fadli dan kebetulan saya sebagai teknisi instrument di sebuah water treatment plant yang dicontrol menggunakan PLC AB Control Logix dan dimonitor dengan sebuah HMI Panel view plus 700. Boleh nga saya mengajukan pertanyaan karena ilmu saya ttg PLC masih cetek?
    Dikantor saya (Laptop) memiliki RSView Studio ME (ada activation keys) dan RSView ME Station (tdak ada activation keys) namun saya tidak mengerti cara menggunakannya mengingat saya belum familiar dengan kedua software tsb. Maklum saya baru bergabung dg perusahaan dan orang yang punya otorisasi utk mengaplikasikan software2 tsb sudah resign duluan tanpa transfer ilmu. Di laptop sdh terinstall dan ada file dengan ekstention *.apa. Bagaimana cara menggunakan file tss di RSView Studio? kemudian koneksi dengan RSLogix 5000 serta cara menggunakan RSView ME Station?
    Penjelasan dari Pak Jun sangat saya harapkan sebesar dengan harapan saya ketika ketemu blognya Pak Jun. Terima kasih.
    Wassalam/Fadli

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      lumayan banyak pertanyaannya.
      mungkin penjelasan di bawah ini bisa sedikit membantu …

      RSView Studio –> program untuk development
      RSView ME Station –> program simulator untuk tes file runtime (MER), mensimulasikan panel view plus di laptop/PC desktop

      kalau masih pakai RSView berarti punya anda versi di bawah 4.0.
      5.0 keatas ganti nama menjadi FTView.

      file *.apa adalah file archieve (mirip seperti file zip). Jadi aplikasi development tsb dijadikan satu file apa.
      Kalau software RSView ME sudah terinstall, tinggal klik saja file apa tsb maka akan ada pilihan untuk restore aplikasi. (alternatif lain bisa pakai software Aplication manager, dibagian Tools)
      Kalau project developmentnya masih ada maka nanti akan ada info. Kasih nama lain saja, atau cancel dan pakai aplikasi yang sudah ada.
      Saran saya sih sebaiknya di restore saja dari file apa terakhir untuk jaga-jaga siapa tahu aplikasi yang sudah ada sudah diutak atik dan ada errornya.
      Catatan: ketika restore biasanya ada dua pilihan, saya biasa pilih pilihan ke dua, restore aplikasi dan restore factory talk directory. tetapi pastikan anda punya user dan password administratornya. Kalau tidak punya, maka pasti gagal dan kalau pilih pilihan pertama (restore aplikasi saja) nanti window yang berhubungan dengan user login seperti setting alarm dan s/d dll bakalan tidak bisa diakses ketika di coba di panel view plus.

      Setelah selesai direstore (tidak ada info kalau sukses, kalau gagal baru ada infonya) buka RSView Studio, tinggal pilih aplikasi.
      silahkan utak atik bagian graphicnya dan alarmnya.
      baca-baca saja help atau manual (pdf), biasanya ada kalo install.

      kalau sudah puas utak-atik dan pengen coba pasang di panel view plus, baru buat runtime file. jadi file *.MER.
      nah kalau mau coba di panel view, gunakan aplikasi transfer utility (ada di rsview studio atau dari start menu –> rockwell ….. –> tools)
      pastikan koneksi komunikasi sudah bisa dari laptop ke panel view. disana pakai komunikasi apa? ethernet atau dh+ atau controlnet…
      harus tahu juga cara setting komunikasi ini plus jenis kabel yang dipakai.

      kalau koneksi dari aplikasi ini ke Controllogix, di rsview studio ada tuh setting komunikasi/communication setup (di bagian rslinx enterprise). ada design (local) dan runtime (target).

      design –> kalo kita coba di laptop saat mendesign, tes koneksi ke controllogix
      runtime –> dipakai di panel view plus, koneksi ke controllogix

      pastikan runtime harus benar setting komunikasinya. kalau salah yah nanti aplikasi bakalan tidak bisa jalan di panel view plusnya.

      Catatan:
      kalau file apa terakhir adalah file yang benar dipakai di plant, maka anda tidak perlu utak atik communication setup. Paling untuk belajar saja lihat2 settingnya. Tidak usah diubah-ubah.

      untuk koneksi data ke address controllogix …
      ada tagname-tagname di tagname dictionary.
      ada programmer yang buat satu-satu tagnya disini (bisa kelihatan semua tagnya beserta alamat controllogixnya) dan ada yang tidak kelihatan tagnya (nampaknya langsung saja buat di graphicnya –> ada triknya tapi saya belum pernah coba)
      nah tagname ini yang dipakai di display (graphics)

      mungkin ini dulu saja info dari saya, akan sangat panjang sekali kalau saya tulis secara detail dan tentunya memakan waktu…..
      untuk lebih detailnya anda bisa baca-baca help dan user manual (pdf), biasanya ada kalo install
      atau coba kontak orang rockwell indonesia atau transavia (agen AB/Rockwell) …

      selamat mencoba ….

      wassalam,
      ~saya juga masih belajar-belajar, biasanya googling dan baca user manualnya …. dan bongkar-bongkar program yang sudah jadi

  3. Prasmana Says:

    Ass Wr Wb
    Pak Jun
    Mohon bantuan pencerahannya mengenai panel View plus , apakah setelah mendesign HMI dengan FTview ME edition dan kita download ke device tersebut. Apa kita masih perlu membeli licensi panel view tersebut supaya berjalan normal.
    Mohon maaf pak karena saya electrical engineer dan bekerja di automation.
    Terima kasih sebelumnya
    Wassalam
    Prasmana

    • juare97 Says:

      wss. wr.wb.
      setahu saya sih tidak perlu pak.
      licensenya sudah termasuk di panel view plus tersebut.

      Saya pernah coba di panel view plus spare yang kami punya. Setelah download, aplikasi bisa langsung dijalankan tanpa ada permintaan license.

      • Prasmana Says:

        Assalamu’alaikum wr.wb Pak Jun
        Alhamdulillah sudah Berhasil Pak dan langsung jalan tanpa hambatan.
        Terima kasih atas informasinya dan Bravo untuk Blognya,
        Go Blog Indonesia dan Maju engineer Indonesia.

        Wassalam
        Pras

      • juare97 Says:

        wa’alaikumsalam wr.wb.

        alhamdulillah…
        terima kasih kembali.

        wassalam,

  4. someone Says:

    kok ribet amat ya om caranya…..heheheh…..cuman tinggal run application aja gak perlu tutuk studio….

    • juare97 Says:

      iya benar mas … bisa langsung run application …
      cuman saya merasa lebih afdol langsung coba di aplication ME Station ….🙂


Tinggalkan Balasan

