Dongle license Wonderware Intouch


sekedar sharing.

Aplikasi HMI Wonderware Intouch menggunakan license hardware berupa dongle USB. Dulu berupa dongle yang dipasang di Pararel/LPT1 Port.

Berikut photonya ….

Dongle USB

Dongle USB

Dongle USB komplit dengan CD License

Dongle USB komplit dengan CD License

Dongle lama yang dipasang di Pararel/LPT1 Port

Dongle lama yang dipasang di Pararel/LPT1 Port

Nah apabila kita punya versi lama, maka nampaknya harus siap-siap diganti ke model USB. Beberapa penyedia komputer sekarang sudah mulai menghilangkan Pararel/LPT1 Port dari produknya. Jadi nanti akan kerepotan kalau pas ganti komputer ternyata komputernya sudah tidak ada port pararel ini lagi. (solusi sementara, bisa minta temporary license soft file ke agen wonderware intouch sambil mengurus penggantian donglenya)

Untuk license intouch ini tidak bisa dipakai ke versi lain, baik downgrade apalagi upgrade.
Intouch yang pernah kami coba adalah versi 6.0B/7.0/7.1/8.0/9.0/9.5/10.
Jadi pengalaman kami walaupun ada versi yang lebih baru, ketika membeli license baru kami tetap bertahan di versi yang mayoritas kami punya (misal Intouch versi 9.5). Sehingga ketika ada update aplikasi HMI lebih mudah. Intouch beda versi tidak bisa diinstall bersamaan di satu komputer.

Versi terbaru adalah Intouch 2012.

Apabila kita ingin berganti versi biaya upgrade juga cukup mahal, jadi yah tergantung kebutuhan saja apakah memang perlu upgrade atau tidak.

Catatan:

di tempat lain (katanya diluar negri sana) license ada yang berupa license soft file. Jadi tinggal pakai file itu bisa dipakai di komputer mana saja. Tetapi ada perjanjiannya berapa jumlah unit yang dipakai. Di luar sana kan sudah keras sanksinya kalau ada penyelewengan.

Website resmi wonderware: http://global.wonderware.com/EN/Pages/WonderwareInTouchHMI.aspx

—–

Artikel PLC / HMI lainnya:
https://juare97.wordpress.com/plc-hmi/

14 Tanggapan to “Dongle license Wonderware Intouch”

  1. dimas Says:

    Assalamualaikum pak, saya ingin bertanya tentang wonderwarenya pak, bagaimana cara mengkoneksikan antara wonderware dengan database seperti M.Excel pak? terima kasih sebelumnya, wass.

  2. Bayhaqy Says:

    Pak, saya kesulitan pake dongle wonderware, versi yang saya pakai Wonderware 2012 R2. Di prerequisites, udah terinstall Safe Sentinel, tapi ketika di masukkan USB wonderware ke dalam PC, ga ke detek, mohon bantuannya pak.

    Terimakasih

    Bayhaqy

    • juare97 Says:

      saya blum pernah coba pakai license 2012 R2 … insyaAllah akhir tahun ini.
      coba konsultasi ke trimaxindo …

      Fyi,
      Dulu pernah kejadian di versi 9.5.
      license tidak bisa dipakai ternyata file licensenya (lic file) tidak cocok dengan dongle yang terkirim.
      setelah saya konsultasikan dengan mereka, akhirnya dikirim file lic yang baru ..
      setelah di coba langsung bisa… 🙂
      kejadian seperti ini jarang sekali terjadi … saya sudah install banyak license, umumnya langsung bisa dipakai.

      • bayhaqy Says:

        oh gt.. umumnya bagaimana pak? apakah setelah install prerequisites langsung bisa digunakan dongle nya?

      • juare97 Says:

        umumnya sih pasang usb donglenya ..
        tinggal jalankan license utility lalu install license filenya (dari CD yang bersama dongle) ..
        setelah itu tes dengan jalankan intouch application manager / window maker.
        nanti ada splash screen yang isinya berupa license info … bisa juga di lihat di about intouch app. manager…

        kalau 2012 R2 saya blum coba jadi mungkin saja agak beda dikit …
        prerequisites blum pernah tahu …


        tambahan …

        saya sudah coba install ..
        prerequisites adalah software pendukung yang harus diinstall ..
        umumnya dongle usb tidak akan terlihat di windows explorer ..
        tapi ketika pertama kali pasang … maka dia akan minta install driver.
        biasanya kalau kita sudah install intouchnya, maka driver bisa langsung kita install saja. dia akan ketemu sendiri drivernya.
        setelah itu tinggal coba langkah di atas ..


        tambahan lagi
        license utility di intouch9.5 berubah nama di intouch 2012 R2 menjadi ArchestrA License Manager.

      • Bayhaqy Says:

        Yup, saya udah coba pak, tapi saya dapet masalah lagi pak. License udah bekerja dan ketika saya buka ArchestrA IDE, license nya jadi ga valid pak, mungkin saya bisa minta bantuan bapak untuk cara-cara detilnya. karena ketika saya buka di Intouch, saya lihat licensenya udah benar PT.XXXX, tapi ketika saya buka ArchestrA IDE, jadi invalid, mohon bantuannya pak, maaf merepotkan.

      • juare97 Says:

        untuk ArchestrA IDE saya belum pernah pakai.
        Selama ini saya cuman pakai intouch saja.
        Coba kontak trimaxindo yah .. mungkin saja licensenya terbatas atau ada kesalahan saat pengiriman.

      • Bayhaqy Says:

        OK pak, terimakasih ya pak

      • juare97 Says:

        sama-sama …

  3. e.one Says:

    @Bayhagy, coba check fitur licesnsinya mas … jika ada dev_io_count.. dan dev_platform_count maka itu lisensi sudah bisa develop System Platform (IDE) … mas belinya gimana ? Development Studio or InTouch Development saja?


Tinggalkan Balasan

