window bermasalah di wonderware intouch


Bismillah

sekedar sharing …

bbrp hari yang lalu ketika saya mau convert applikasi HMI wonderware intouch 7.1 karena beda resolusi layar monitor gagal trus… udah coba berkali-kali masih saja gagal.
memang sih saat jalankan window viewer ada error, file docview.dll tidak ketemu. Tapi viewernya masih bisa jalan dan tidak error.
Nah saat konversi window gagal, kelihatan berhentinya di window test.

coba buka window maker dan buka window test tsb ternyata muncul pesan error tsb. maker langsung crash.
coba buka maker lagi dan langsung delete window tsb masih gagal juga.

nah akhirnya dicoba-coba metode lain, alhamdulillah bisa.

Berikut langkah-langkahnya:
1. buka windows maker
2. hapus semua window kecuali window yang bermasalah itu. lalu close makernya.
3. setelah itu buka folder aplikasi hmi di window explorer
4. tandain nama file window tsb. harusnya file *.win tinggal satu.
5. buka kembali makernya.
6. buat window baru. kosong saja. save dan close kembali makernya.
7. kembali ke folder aplikasi hmi. harusnya skrg ada 2 buah file *.win.
8. hapus file win yang bermasalah itu.
9. copy paste sisa file win itu, setelah itu rename sesuai dengan nama file yang bermasalah.
10. setelah itu coba buka maker dan buka window tsb. alhamdulillah bisa.
11. lalu close maker.
12. ubah resolusi layar monitor.
13. dan buka maker, ada permintaan ubah resolusi. di ok kan. alhamdulillah bisa jalan.

demikian… semoga bermanfaat…

Iklan

4 Tanggapan to “window bermasalah di wonderware intouch”

  1. dikastalone Says:

    pak mohon saran.. saya lagi belajar wonderware sedangkan basic saya lapangan jadi saya mengalami kesulitan untuk mengerti tentang wonderware.. jadi saya berencana akan melakukan private dgn teman saya tentang microsoft sql server 2008..karna sy menggunakan wwonderware 10.5…
    agar private les sy tidak memakan waktu lama…
    saya harus belajar sql server harus dari mana?
    dan apa saja hal yg pnting tentang sql server untuk mendukung wonderware?

    karna pengajar saya juga bingung harus memulai mengajar dari mana?
    karna ga mungkin kalo dari dasar tentang sql server

    • juare97 Says:

      saya pakai ms sql server hanya untuk logging alarm saja. Yang install biasanya dibantu oleh rekan ICT.
      umumnya sih hanya install saja dan nanti kita minta user sa dan passwordnya.

      Untuk log data atau pengambilan datanya bisa dipelajari program Alarm DB Logger Manager bawaan WW Intouch.
      Sedangkan jika ingin menggunakan program 3rd party sepert Microsoft Access, bisa mempelajari program tsb dan gimana aksesnya ke SQL Server melalui ODBC.

      Memang wonderware punya fitur scripting untuk log ke / ambil data dari SQL Server.
      Tapi bisa dipelajari di user manualnya.
      Untum mempelajari SQL server bisa membeli buku atau cari diinternet via mbah google.

      Selain itu Wonderware juga punya fitur Wonderware Historian untuk logging data. Ini lebih simple lagi dan tidak butuh scripting di WW Intouchnya.

      • dikastalone Says:

        jadi untuk mempelajari wonderware harus mengerti sql server pak…atau setidak ngerti database select create table relation pa?
        kalo bahasa pemprogaman harus ngerti juga pak? ex: vb c++ dll

      • juare97 Says:

        nggak harus ngerti sql sih, kecuali ada persyaratan harus koneksi ke sql server.
        tergantung dari project/pekerjaannya.

        saya biasanya koneksi ke sql server hanya untuk log alarm via software Alarm DB Logger Manager (bawaan wonderware intouch)

        bahasa pemrograman kalau pernah pakai pascal/delphi/basic/vb akan membantu karena bahasa pemrograman sama-sama high level languange.
        cuman yah perintah2nya bisa langsung belajar dari helpnya ww intouch. dan bisa langsung dites dengan simulasi pakai memory tag.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: