masalah AB1784PKTX di computer


sekedar sharing ..

semalam ada pekerjaan troubleshooting HMI di salah satu plant.

Infonya HMI ini tidak bisa koneksi ke PLC.
OPC Server yang digunakan adalah RSLinx Classic Gateway.
Card komunikasi yang dipakai adalah AB1784PKTX. Dipakai untuk komunikasi DH+ ke Controllogix.

Kalau diperhatiin, karena komputer diletakkan di bawah dan kabelnya pendek maka ada kemungkinan kabelnya ketarik-tarik dan jadi bisa longgar atau lepas.

Sewaktu saya cek, kayaknya juga dipasangnya terbalik ketika ada teman yang cek sebelumnya.

Nah sempat komputernya hang saat booting. Trus sekalian saya matikan dan pindahkan ke atas meja.

Pas sudah berhasil booting dan masuk windows, saya pasang kabelnya dan ternyata komputernya crash (blue screen). Wah tambah runyam ini urusan … 😦

Direstart brp kali tidak bisa masuk windows (hang). 😦

HDD saya cabut dan ganti dgn HDD satunya lagi tidak bisa juga. 😦

Akhirnya PCI Cardnya saya cabut dan hidupkan kembali. Alhamdulillah akhirnya bisa booting ke windows. 🙂

Setelah itu saya matikan kembali dan pasang pci card. Dan hidupkan kembali. Alhamdulillah masih mau masuk windows. 🙂

Setelah itu pasang kembali konektor kabel DH+ nya. Alhamdulillah bisa komunikasi …..

(yah dibantu pakai do’a juga) …  🙂   🙂

Alhamdulillah bisa normal lagi …

Artikel PLC / HMI lainnya:
https://juare97.wordpress.com/plc-hmi/

Tinggalkan Balasan

