Belajar PLC – Controllogix – Pasang Sensor Thermocouple


Sharing…

Hari ini “juare97” ada pengecekan Sistem PLC /PAC Controllogix dimana salah satu pekerjaannya adalah memasang Thermocouple untuk mengetahui temperature di suatu tempat.

Catatan:

PLC = Programmable Logic Controller

PAC = Programmable Automation Controller, istilah barunya “PLC” Controllogix. Karena isinya tidak cuman logic saja tetapi sudah bisa mengendalikan proses, dll.

Nah pas di cek di drawing ada satu spare yang bisa digunakan di Rack 2, Slot 6, Channel 5.

Tetapi nampaknya di drawing kurang jelas terminal mana yang bisa dipasang.

Selain itu di tutup terminal block module thermocouple tsb tidak ada keterangan channel yang bisa digunakan di nomor terminal mana.
Module Thermocouple yang dipakai adalah 1756-IT6I2.

Nah untung punya kumpulan pdf yang “juare97” download dari webnya Rockwell automation.

Dibukalah satu-satu dan akhirnya dapat di file 1756-td002: Technical Data – 1756 ControlLogix I/O Modules halaman 68.

Setelah rekan kami memasang thermocouplenya ke channel spare ini via terminal block (Channel 5, koneksikan ke Terminal No. 15 & 16)

Setelah itu tinggal cek konfigurasi di RSlogix5000.

Kebetulan karena program existing sudah di set semua jadi akhirnya tinggal pakai saja.

Berikut gambar konfigurasi channel di module tsb.

Ini Rung existingnya. Sudah digabung dalam satu kelompok module.

Jadi tinggal pakai tag “ANALOG_IN[75]”.

Setelah itu data Temp. ini “juare97” monitor di HMI WW Intouch dan dibuatkan trending.

Ok, segini dulu …

Semoga bermanfaat.

Artikel PLC / HMI lainnya:
https://juare97.wordpress.com/plc-hmi/

7 Tanggapan to “Belajar PLC – Controllogix – Pasang Sensor Thermocouple”

  1. Joko Says:

    Pak, saya pemula di PLC, blm hands-on, bagaimana caranya mem-force analog input value dan analog output value pada logix5000. Utk yg Digital saya tahu. Ini utk keperluan function test instrument pakai PLC. Thanks ya atas jawabannya…

    • juare97 Says:

      kalau untuk analog input:
      bisa pakai injector 4-20 mA atau 1-5 VDC (tergantung inputnya jenis apa, misal 4-20mA atau 1-5VDC) ..
      kalau RTD bisa pakai Resistor Box.
      kalau module Thermocouple ada lagi jenisnya injectornya, lupa namanya. Punya fluxe.
      kalau frequency, inject dengan freq. generator.
      kalau pakai program kayaknya kurang valid karena kita tidak tahu apakah wiring tsb sudah benar atau tidak. Tapi untuk ngecek program bisa sih pakai program move dengan menggantikan tag physical address analog input tsb.

      kalau Analog Output, pakai program aja .. misal pakai move dari tag memory ke physical addressnya. Tinggal dimainkan nilai variabel tag memory tsb …
      untuk ngecek di luarnya bisa pakai multimeter kalau outputnya berupa 4-20 mA atau 1-5 VDC.

      semoga bisa membantu …

  2. Joko Says:

    Terima Kasih banyak Pak Juni atas balasannya. Yg saya maksud sbnrnya mem-force AI value di program saja utk keperluan Cause & Effect check misalnya utk value PALL, PAHH, etc. Thanks

    • juare97 Says:

      kalau AI value di force saya kurang tahu bisa atau tidak. Blum pernah.
      tapi biasanya sih tinggal pakai modifikasi program saja. di MOVE dengan tag lain.

      tapi biasanya kalau kami FAT, selalu pakai current injector dibandingkan ubah program jadi hasilnya lebih valid karena mensimulasikan field devices.
      Kalau ada wiring putus atau salah konfigurasi dll bisa ketahuan.

  3. tatang sonjaya Says:

    Kenalkan Nama saya tatang di citeureup Bogor begini pak saya punya PLC Mitsubishi FX1N saya pengen membuat HMI di komputer saya jadi HMI di kendalikan dari computer langsung tanpa menggunakan layar toucscreen

    • juare97 Says:

      salam kenal mas …
      maksudnya touch screen interface operator yang dipasang di control panel yah …

      coba pakai wonderware intouch .. ini HMI yang dipasang dikomputer…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: