pasang Main Fuel Control Valve, Solar Turbines – CCC Valves – AGV50-4903 — P/N. 1045442-4903




Fyi.

Sekedar sharing…

Agak spesifik topiknya, mengenai Main Fuel Control Valve, Solar Turbines Compressor, Centaur40.

Kemarin ketika kami mau pasang Main Fuel Control Valve (CCC Valve – AGV50-4903, P/N. 1045442-4903) saya dikasih tahu rekan field maint. kalau valve ini datang dengan software dan kabel konfigurasinya.

Di bawah ini photo CCC Valvenya di dalam kardus.

Ternyata ada warning sign “This Valve is in operable until configured by an authorize solar representative.”

Ketika saya lihat isi CD nya, terdapat software installer dan manual instalasi valve ini.

Sayangnya software installernya tidak bisa diinstall. Mungkin filenya corrupted.

Didalam manualnya ada note: “All valves must be configured before they are put into service”

Kalau dilihat lebih jauh manual ini, maka komposisi fuel gas nampaknya harus dimasukkan.

Keren juga valve ini… biasanya saya lihat di control valve hanya valve command dan valve feedback 4-20mA saja.

Yang ini perlu dikonfigurasi dulu disesuaikan dengan kondisi di site.
Berdasarkan info dari rekan, mereka pernah pasang sebelumnya dengan P/N sejenis.
Tidak perlu konfigurasi. Dipakai sampai sejauh ini baik-baik saja.
Jadi mungkin saja, masih pakai default setting atau sudah di configured sebelum barang dikirim.
Tentunya performancenya agak sedikit berbeda mengingat gas komposisi/SG nya berbeda.
Tapi mana kami tahu bedanya seperti apa. Berhubung sejauh ini baik-baik saja, sistem berjalan dengan normal yah tidak ada yang cari tahu lebih dalam.

Kembali ke valve yang baru mau dipasang di atas, berhubung kemarin blum jadi dipasang jadi yah blum tahu bisa langsung dipakai atau tidak.

Adakah yang punya pengalaman sejenis dan mau sharing?

Dipersilahkan …

Terima kasih

Tambahan:
Menurut info terbaru, P/N ini sudah obsolete dan ada P/N baru yaitu 998569C93. Yang ini sudah ditegaskan harus dilakukan konfigurasi dulu oleh FSR (Field Service Representative) Solar baru bisa dipakai.

14 Tanggapan to “pasang Main Fuel Control Valve, Solar Turbines – CCC Valves – AGV50-4903 — P/N. 1045442-4903”

  1. juare97 Says:

    alhamdulillah dapat programnya … pakai CD dari stock MFCV di Warehouse ..

    • juare97 Says:

      sudah dicoba programnya. Ubah nilai SG (Spesific Gravity) lalu download ke Valvenya. Fuel Gas Komposisi ternyata tidak perlu dimasukkan. Cukup SG saja.

      • effendi.rozali Says:

        pak _bisakah mohon informasi dimana kami bisa mendapatkan Fuel Control Valve model AGV50-4903 P/N 1045442-4903 tsb–kami skg problem di part tsb–problem kami skg kemasukan cairan -air diperkirakan PC-Board problem ( Pilot act control error )

      • juare97 Says:

        coba kontak pihak PTI (Pak Bramastra) apakah mereka masih suplai atau tidak karena barang ini sudah obsolete dan penggantinya adalah C93 …
        dan menurut mereka harus panggil FSR Solar kalau mau pasang karena harus di setting oleh FSR …

  2. effendi.rozali Says:

    juga kami mau tanya dgn P/N 1045442-4903 katanya sdh obsolete –diganti P/N 998569C93–apakah barangnya sama dengan P/N 1045442-4903–kami mohon balasanya ,,,Thanks

    • juare97 Says:

      bisa dipakai yang C93 sesuai dengan rekomendasi dari mereka, tapi harus panggil FSR kalau MFCV nya mau dipasang ..
      kami sendiri juga masih diskusi dengan mereka apakah C93 bisa kami sendiri yang konfigurasi mengingat MFCV ini bisa dipakai di plant mana saja. Tentunya fuel gas komposisi & SG nya berbeda… repot juga harus tunggu mereka datang sekedar untuk setting MFCV ini.
      Kemungkinan besar jalan tengahnya mereka akan configured dulu sebelum dikirim sesuai dengan gas komposisi yang kita kirim. Jadi pas barangnya sampai tinggal pasang. Cuman yah itu kalau dipasang di Compressor dengan Fuel gas yang berbeda tentunya agak ada perbedaaan di performancenya…. detailnya bisa tanya ke mereka seberapa beda performancenya… saya belum dapat info detailnya.

      • effendi.rozali Says:

        Ok pak terima kasih atas penjelasannya–saya mengharaffkan silaturrahmi kita tetap berlanjut– saya kemaren sudah menghubungi pak Bram lewat e-mail,,kata dia masih berusaha utk mendapatka type tsb saya juga pak sudah kenal betul sama pak Bram ,pak Yopi Budiana pak Denny–semua sdh saya hubungi termasuk PT Towell,sampai skg belum ada –ini pak no HP saya ;081274814514—–siapa tau bapak bisa lebih tau lagi bisa call saya atau melalui email saya effendi.rozali@pep.pertamina.com

      • juare97 Says:

        ok sama-sama…
        nampaknya sih kita mau tidak mau pakai yang C93 …

  3. effendi.rozali Says:

    Iya pak sepertinya harus–sebab mmg sdh dikatakan dari Indo Turbine –PLC setiap tahun itu pasti ada perobahan,,pada Hal FGCV tsb keluaran 13April 2012..masa baru 1 tahun sdh obsolete—btw lokasi kerjanya dimana pak dan siapa nama bapak yang sebenarnya- ?–saya di Pertamina -EP Asset 1 Field Ramba –Muba-Sum_sel.
    Gas Turbine kami skg ini tdk bisa di running,karena lagi cari FGCV tsb. Hanya 1 yang Running skg pak ,kami punya Dua turbine.

    • juare97 Says:

      kan ada nama saya di samping kiri atas di bawah photo.
      dan bisa lihat profile saya. Saya Juni, kerja di VICO Indonesia, Kalimantan Timur.

      Kalau Gas Turbine kami lumayan banyak, dan 4903 kalau tak salah sudah kami pakai cukup lama. Saya tidak punya record detailnya tapi 2009 sudah pakai.

      Berarti MFCV nya cuman bertahan sebentar saja yah?
      Coba minta dikirim via air freight saja, walaupun lebih mahal tapi kan bisa dapat spare part lebih cepat.
      Daripada nanti ternyata Gas Turbine satunya ada masalah nanti nggak bisa produksi.

      Usahakah critical partnya seperti ini punya spare. Yah kalau diapprove beli saja 2 sekaligus. jadi 1 bisa buat spare.

  4. Andy Says:

    kang juarez boleh minta software valve wizard 1.8 nya

  5. abu ahmad Says:

    Kang boleh sharing, kalau feedback sering loncat2 apakah memang ada problem di pilot actuatornya ya? sebelumnya matur nuwun

    • juare97 Says:

      model valve seperti ini kalau tak salah tidak bisa diperbaiki sendiri. Di tempat kami yang rusak kalau masih garansi di claim kalau sudah habis garansinya yah beli baru untuk spare. tapi coba pastikan saja fuel gas nya bagus. temperaturenya masuk range. Kabel2 nya tidak ada yang luka. Module2nya bagus terutama buat channel feedbacknya (Module Analog Input).Selain itu bandingkan trending di Historical Analyzernya antara Main Fuel Valve Command dan feedbacknya (Main Fuel Valve Position) apakah memang loncat2 perintah/command nya.


Tinggalkan Balasan ke juare97 Batalkan balasan