Belajar HMI – Wonderware Intouch – Photo User


sekedar sharing …

jaman 2002 pas commissioning di caltex (sekarang chevron), kotabatak gathering station, petapahan, riau, saya sempat “pegang” HMI nya.

Karena dulu waktunya banyak, akhirnya iseng-isengnya update HMI Wonderware Intouchnya.

Salah satunya bikin tampilan gambar user.

Awalnya cuman iseng masukan karakter FF (Final Fantasy).
Pas dilihat bagus oleh operator, pada minta masukin photo mereka juga deh.

Caranya cukup mudah:

  1. tentukan ukuran gambar, usahakan kecil saja pixelnya. Edit dengan software seperti adobe photoshop.
  2. Save file sebagai bmp atau jpg. Kalau tak salah versi 7.11 yang saya pakai dulu cuman bisa bmp. kalau 9.5 sudah bisa jpg. saya suka metode ini karena kalau gambar di resize terkadang suka nggak bagus atau yah nambah ukuran aplikasi. kalau pixelnya sudah pasti, untuk gambar selanjutnya lebih mudah edit diphotoshop daripada diresize di intouch.
  3. setelah itu di intouch maker, pilih bitmap dan letakkan di window dalam bentuk kotak (asal saja).
  4. klik kanan, pilih import dan masukkan gambarnya.
  5. setelah itu pilih “bitmap original size”.
  6. nah sekarang tinggal animation linknya. Double klik gambar untuk masuk ke animation link (atau bisa juga klik kanan)
  7. pilih visibility dan masukkan perintah misal $Operator==”administrator”
  8. jalankan intouch view, coba login sebagai administrator
  9. untuk gambar user yang lain tinggal buat seperti step di atas dan di langkah 6 tinggal sesuaikan dengan user yang mau ditampilkan
  10. setelah itu tumpukkan saja gambarnya di atas gambar user sebelumnya. dan begitu seterusnya.

kalau sekarang sih sudah jarang buat seperti ini, kecuali lagi iseng … hehehe….

smoga berguna ….

n.b.: kira2 masih ada kah HMI ini di sana … 🙂

2 Tanggapan to “Belajar HMI – Wonderware Intouch – Photo User”

  1. dika Says:

    wah iseng iseng tapi malah pada minta…..makasih om artikel manfaat bgt…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: