coba rslogix500 dan rsemu500


berhubung ada yang bertanya di salah satu artikel blog dan sudah saya jawab, sekalian saja saya post kan di blog dalam bentuk artikel baru …

semoga bermanfaat …

berikut langkah-langkah pemakaian rslogix500 dan rsemu500.

coba ikuti langkah berikut:

  1.   Pastikan software ini sudah diinstall termasuk licensenya.
  2.   Buka rslogix500, buat program baru.
  3.   Pilih controller misal SLC 5/05 (1747-L5551), processor nodenya ditulis 1 saja.
  4.   Buat program sederhana, misal start stop motor. klik tombol verify project lalu save.
  5.   Buka rsemu500 dan open file programnya. Masukkan address stationnya 1. Setelah itu klik tombol RUN
  6.   Buka rslinx, pilih communication –> configure driver, pilih SLC500 (DH485) Emulator Driver. kasih nama atau ikuti saja default yang dikasih. (misal EMU500-1)
  7.   Setelah OK, buka RSWho dan lihat di EMU500-1 apakah processor node 1 nya (SLC 5/05) sudah muncul. Kalau blum muncul masih ada yang salah. cek lagi
  8.   Kalau sudah berhasil, kembali ke RSlogix500, coba online kan. (comms –> system comms –> buka driver SLC yang dibuat tadi. pilih processornya dan klik tombol online.
  9.   Kalau sudah bisa online, program bisa dimainkan. toggle bit input nya dan lihat reaksi outputnya.
  10.   Nanti offline kan saja, lalu edit program kembali. tambahkan instruksi (lihat help –> instruction help bila ingin tahu apa maksud dari instruksi2 tsb).
  11. setelah itu onlinekan kembali. dan mainkan logicnya dengan toggle bit untuk data discrete atau masukkan nilai  untuk data integer dan real.

catatan: online edit nampaknya tidak bisa.

selamat mencoba ….

—-

Artikel PLC / HMI lainnya:
https://juare97.wordpress.com/plc-hmi/

19 Tanggapan to “coba rslogix500 dan rsemu500”

  1. defarfi Says:

    saya kesulitan menghubungkan antara rslogix500, rsemu500 dengan rsview, tolong kasih tutorialnya and yang simpel jelasinya jd bisa nangkepnya, trims pak

  2. defist Says:

    maaf maksut saya RSLogix ke RSView32 menggunakan simulasai RSEmu, tp sudah work koq, mau tanya lagi pak, gimana caranya buat HMI RSView32 yang langsung bisa buka ketika startup dan program runtime bukan work, trimakasih atas responya

    • juare97 Says:

      maaf mas, blum pernah coba untuk pertanyaan pertama.

      untuk pertanyaan kedua, kebetulan saya pernah lihat buatan orang lain dan kemudian mencoba sendiri.
      langkahnya sbb:
      1. buka windows explorer
      2. buka alamat: c:\program files\rockwell software\rsview
      3. klik kanan file rsview32, pilih send to –> desktop (create shortcut)
      4. buka desktop dan klik kanan file shotcut tsb.
      5. pilih properties
      6. ganti target dengan berikut “C:\Program Files\Rockwell Software\RSView\rsview32.exe” “[alamat file aplikasi.rsv]” /r.
      contoh: “C:\Program Files\Rockwell Software\RSView\rsview32.exe” “D:\HMI\Test\Test.rsv” /r”
      7. setelah itu kilk tombol OK. pastikan sekali lagi apakah targetnya sudah berubah.
      8. setelah itu copy file shortcut modifikasi ini ke start up windows. bisa di All User atau di user tsb.
      contoh: “C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup”

      setelah itu tinggal tes, restart computer dan login.

      kalau langkah lain yang mungkin lebih simple saya blum tahu.
      blum pernah pelajari lebih jauh mengingat rsview32 work ini sudah versi jadul. (tapi masih kami pakai juga sih di satu plant)

      semoga bisa membantu….

      • defist Says:

        trimakasih telah direspon sangat baik, moga blok ini tambah sukses.
        ok, saya sudah ikutin petunjuk sampai step 8 tapi koq masih berjalan di work ya pak? mau saya kan HMI lagsung ke runtime tapi ini masih masuk ke project trus masih ke graphics lalu display dan run project.
        kalau boleh sekalian saya tanya lagi,
        gimana cara bikin animasi rotation itu diam pada saat tidak aktif (0) dan akan berputar saat aktif (1) kalau menggunakan tags “system\BlinkSlow” dia berputar terus meski keadaan aktif atau tidak

      • juare97 Says:

        mungkin ada step yang kelewatan … coba cek sekali lagi.
        step ini sudah pernah saya coba beberapa kali dan sudah jadikan salah satu topik modul training di tempat saya.

        saya blum pelajari lebih jauh mengenai animasinya..
        tapi pengalaman di wonderware intouch … biasanya untuk animasi mungkin dibuat sepert ini:
        “system\blinkslow” and “tag1”
        dimana tag1 itu yang jadi acuan kalau dia bernilai 1 maka akan berputar dan 0 akan berhenti.
        silahkan dicoba…

        atau kalau diisi “tag1” saja tanpa blinkslow bagaimana jadinya yah?

  3. defist Says:

    Trimakasih pak, atas pencerahan2nya, mgkn saya nanti tidak akan puas untuk naya2 lagi, dan makasih jg karena responya sangat baik…

  4. charlesalthea Says:

    Mau tanya nih bos
    udah pernah pake kabel converter 1747UIC belum ya untuk connect ke plc slc500, saya punya tapi gak bisa connect ke plc, gimana ya ,soale kl pake usb serial sering disconect, trus kl pake kabel PIC harus pake lapie yg ada port serialnya,..help me dong

    • juare97 Says:

      saya blum pernah pakai 1747UIC (USB to DH485).
      beli saja USB to serial, saya pernah pakai di SLC tidak putus padahal beberapa hari koneksi trus.
      harganya juga murah. beli yang agak bagusan sedikit.

      • charlesalthea Says:

        Makasih sarannya pak, btw terakhir saya pake USB serial Aten tp masih sering disconect, ada saran USB serial yg bagus Pak ?

      • juare97 Says:

        saya lupa yang dipakai merek apa.
        kebetulan yang beli juga teman.
        seingat saya warnanya hitam.

        atau kalau tidak salah orang transavia (agen rockwell) pernah kasih rekomendasi USB to serial yang bagus …
        coba aja kontak mereka.

  5. charlesalthea Says:

    Pak mau nanya lagi neeh, ada gak module io extention untuk slc500,seperti relay input / output tambahan

  6. fyan Says:

    Pak mau nanya, software AB tidak support ya sama Windows XP Home Edition?…trimakasih sblmnya

    • juare97 Says:

      wah saya ndak hapal …

      coba cek di http://www.ab.com

      contohnya rslogix500, tertulis di bawah (tetapi tidak dijelaskan home atau prof, umumnya untuk software biasanya pake prof.)


      Design & Configuration
      RSLogix 500
      System Requirements & Compatibility

      IBM®-compatible PC with Pentium® processor
      Microsoft® Windows 98, Windows NT® (version 4 w/ SP4 or higher), Windows 2000, or Windows XP
      32 MB of RAM (64 MB recommended)
      50 MB of free hard disk space (or more based on application requirements)
      16-color VGA Graphics Adapter, 640 x 480 or greater resolution (256-color 800 x 600 optimal)
      Products require the use of RSLinx Classic Lite. RSLinx Classic Lite is included with RSLogix 500

  7. fyan Says:

    Iya bisa,trimaksh jwbannya. Saya nanya lg boleh ya pak soalnya lg pingin belajar. Begini pak, Apa dan Kenapa yach waktu saya configure drivers dan di auto-configure tertulis “Failed to find the baud and parity! Check all cables and switch settiings!” ?. Saya sudah utak atik comm port,device type&baud rate di RS Logix pro&Rs Linx, tp msh blm sukses jg. Trimaksh byk sblmnya

    • juare97 Says:

      ini pake DF1 kan …. ?
      biasanya sih cek kabelnya …. harus sesuai dengan wiring diagram DF1 nya…
      trus kalo tidak bisa juga, mungkin saja com port serialnya bermasalah. coba pakai komputer lain sebagai pembanding. sebaiknya pakai com port yang onboard dulu daripada pakai usb to serial (ada yang bisa dan ada yang tidak).

  8. kiswanto Says:

    sekarang saya lagi online program sederhana yaitu star stop program sudah saya veryfyng tapi begitu saya onlinkan….indikator program udah biru…watu saya run bukan hijo tapi merah…

    kenpa ya apa yang harus sya perhatikan….tq solusinya


Tinggalkan Balasan

