Pakai RSLinx Classic Gateway


Hari ini ada pekerjaan tidak terduga alias diminta sekalian cek program HMI Panel View Plus oleh rekan field maintenance. Ya mumpung sedang ada pekerjaan di lokasi tsb.

Setelah pekerjaan utama selesai, maka kami lanjutkan pekerjaan sampingan ini.

Setelah dilihat-lihat, sayangnya saya tidak bawa kabel komunikasi DH+ untuk laptop yang saya pakai. Untungnya Panel View Plus ini mempunyai port Ethernet dan saya selalu bawa kabel Ethernet Cross di tas. Jadi proses upload aplikasi HMI bisa dilakukan dengan menggunakan komunikasi Ethernet.

File development (file APA) yang kami punya ternyata sudah lebih lama dibandingkan dengan file runtime (file MER) yang terpasang. Untungnya masih bisa diakali sehingga akhirnya bisa dibongkar graphic yang terpasang. Setelah itu data yang ingin dicek ternyata ada di Controller tag Controllogixnya.

Sayang file RSlogix yang kami punya berbeda, akhirnya diputuskan untuk online saja ke Controllogix.

Nah ketika mau berkomunikasi dengan Controllogix, ternyata laptop yang dibawa rekan saya itu versinya masih dibawah dari versi Controllogix yang terpasang. (namanya juga tidak niat ngecek dari awal, maka tidak siap bawa laptop yang sesuai😉

Nah Laptop yang saya pakai versi RSlogix5000 sesuai dengan versi Controllogixnya.

Kembali lagi seperti penjelasan saya di atas, saya tidak bawa kabel komunikasi yang pas dengan controllogix ini (DH+ tidak bawa kabelnya, PCMK yang dibawa rekan tidak bisa dipakai di laptop saya karena tidak ada slot PCMCIA lagi. Biasanya saya pakai  USB to DH+. Untuk DF1 tidak ada port serial di laptop), saya hanya punya kabel Ethernet (tapi tidak ada module Ethernet yang terpasang di Rack Controllogix).

Nah untungnya saya masih ingat salah satu fitur RSLinx Classic Gateway.

Untuk mengakali supaya Laptop saya bisa komunikasi maka saya gunakan salah satu fasilitas dari RSLinx Gateway ini.

Langkah-langkahnya:

  • RSlinx Laptop rekan saya berkomunikasi dengan Controllogix via DH+ (pakai PCMK). RSLinx Classic Gateway nya di Enable kan (Communication –> Enable RSLinx Classic Gateway).
  • Ip Address Laptop rekan dan laptop saya diset manual, dibuat satu Class C (ip address dibedakan dibelakangnya saja, misal 192.168.1.x & subnet 255.255.255.0)
  • Pasang kabel Ethernet Cross dari laptop rekan ke laptop saya, lalu komunikasi Ethernet terjadi. Cek dengan ping di command prompt.
  • Cek di RSlinx laptop saya dibagian RSWho – Link Gateways – Ethernet. Sempat tidak bisa komunikasi, saya matikan RSlinx di laptop rekan dan jalankan kembali.
  • Setelah bisa dan Controller muncul di linx gateways, maka RSlogix di laptop saya bisa berkomunikasi dengan Controllogix yang terpasang.

Alhamdulillah, akhirnya RSlogix laptop saya bisa online dengan controllogix walaupun muter dulu😉

dan akhirnya, hal yang ingin dicek ketemu.🙂

lihat jam, ternyata sudah mau jam 1. Perut pun sudah kukuruyuk…

langsung kami secepatnya meluncur ke tempat makan …🙂

—-

Artikel PLC / HMI lainnya:
https://juare97.wordpress.com/plc-hmi/

4 Tanggapan to “Pakai RSLinx Classic Gateway”

  1. Ajat Jatnika Says:

    Assalamualaikum

    Wah saya malah belum pernah ketemu kasus seperti itu pak Juni, Terimakasih atas ilmunya semoga bermanfaat bagi kita semua dikemudian hari.

    Wassalamualaikum

  2. fauzi ahmad Says:

    Assalamualaikum wr wb,

    Mas Jun saya mau tanya apakah Pakai RSLinx Classic versi terbaru bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan PLC 5, dan bagaimana ya cara meng-upload data dengan menggunakan DH+ dari PLC 5 AB ke Laptop.

    Wassalamualaikum wr wb.

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      kayaknya sih masih bisa.
      (versi terakhir yang pernah saya pakai, rslinx yang kami beli 2 tahun lalu)

      laptop yang dipakai harus punya slot pcmcia.
      nah gunakan card PCMK.
      setelah itu tinggal pasang kabelnya dari laptop ke PLC-5 (lepas konektor konverter DB9 to xx (nggak tahu nama pinnya), pakai yang DB9), buka rslinx dan configure drivernya. pilih yang ada tulisan PCMK nya.
      setting… setting ….
      kalau benar maka ketika dicek di rswho langsung bisa dikenal PLC-5nya.

      bukan rslogix5 dan online deh (upload).

      tambahan info, laptop yang saya pegang sudah tidak ada slot pcmcia.
      trus saya beli kabel usb to dh+ juga tidak ada konektor db9 nya.
      untungnya masih banyak punya laptop lama.
      alternatif lain, masih bisa komunikasi dengan DF1 (serial).

      wassalam


Tinggalkan Balasan

