Simulasi Program PLC Solar Turbines TT4000 Centaur 40


sharing pengalaman….

Kemarin ada pekerjaan untuk melihat logic dari Daily Check Back Up Seal Oil Pump dari Compressor Centaur 40 yang sudah diretrofit Control Panelnya dari Relay based menjadi Sistem TT4000.

Sistem TT4000 ini memakai PLC/PAC Controllogix dari AB dan HMI TT4000 buatan Solar Turbines sendiri.

Berhubung agak ribet programnya sehingga kami agak kesulitan mempelajari logicnya di RSlogix5000, akhirnya ada usulan simulasi saja dengan RSEmu 5000.

Setelah dicoba dengan mengganti processor menjadi processor emulator, program bisa didownload ke RSEmu5000.

HMI TT4000 pun bisa dikoneksikan ke RSEmu ini melalui RSLinx Gateway (yang bisa diset sebagai OPC Server) melalui Virtual Backplane.

Karena kami blum bisa ubah aplikasi program HMI TT4000nya akhirnya kami pakai Wonderware Intouch untuk simulasi tombol Ack & Resetnya (tombol di Local Panel).

Blok Diagram Simulasi

Blok Diagram Simulasi

Beberapa alarm/fast stop (shutdown) bisa dinormalkan dengan menambahkan NO (–| |–) di depannya atau apabila DI (Discrete Input) bisa ditoggle bit. Setelah itu tinggal tekan tombol Ack&Reset di Aplikasi HMI Intouch.

Setelah itu baru disimulasi logicnya dan tentunya kondisi-kondisinya ada yang dimanipulasi. Misal, CPT (Compute) logic dari Pressure di disable sehinga Press. Valuenya bisa dinaikkan manual.

Dengan simulasi ini akhirnya logic ini sedikit demi sedikit bisa dimengerti.

Berikut yang kami dapat…

Ada 3 mode yang kami dapat dari simulasi Daily Check BU Seal Oil Pump ini.

  1. ketika Back Up Motive Force Not OK (<110 psig) maka dalam 2 jam akan S/D apabila ini tidak diperbaiki.
  2. ketika Back Up Motive Force OK (>110 psig) maka apabila Disch. Pressure BU Seal Oil Pump tidak tercapai (<160 psig) dalam 1 menit akan muncul Alarm AL_BU_Pump_Press_Check_Fail. Dan Aux Seal Oil Pump diminta untuk Running. Apabila Seal Oil DP Hi Check tercapai dalam waktu 10 detik maka 38 detik kemudian (48 detik setelah Alarm), Unit akan SD dengan indikasi FN_Backup_Seal_Pump_Fail.
  3. ketika Back Up Motive Force OK (>110 psig) maka apabila Disch. Pressure BU Seal Oil Pump tidak tercapai (<160 psig) dalam 1 menit akan muncul Alarm AL_BU_Pump_Press_Check_Fail. Dan Aux Seal Oil Pump diminta untuk Running. Apabila Seal Oil DP Hi Check tidak tercapai dalam waktu 10 detik maka Unit akan SD dengan indikasi FN_Aux_Seal_Pump_Fail  dan FN_Backup_Seal_Pump_Fail.

Silahkan dikomentari dan dikoreksi bila ada salah …

 

—-

Artikel PLC / HMI lainnya:
https://juare97.wordpress.com/plc-hmi/

8 Tanggapan to “Simulasi Program PLC Solar Turbines TT4000 Centaur 40”

  1. Ajat Says:

    Assalamua’laikum
    Pak Juni bagaimana cara HMI TT4000 dikenali oleh PLC AB apakah dengan IP dari HMI tersebut?. Dan bagaimana meng Tag Alamat di PLC AB sehingga dikenali oleh HMI TT4000?. Karena selama ini saya selalu menggunakan PLC dan HMI AB dan untuk mengeTagnya lewat Communication Setup yang ada di FTView Studio.Terimakasih atas info dan penjelasannya.
    Wassalamua’alaikum

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      TT4000 mirip dengan wonderware intouch dalam koneksi ke PLC AB.
      Dia memakai RSLinx sebagai OPC Servernya.
      Di RSlinx tinggal kita buat topic name, biasanya kasih topic namenya “U1C1Polled”.
      tagname TT4000 tinggal akses ke RSlinx dan Topic Name ini.

      Kalau FTView Studio dia memakai RSlinx enterprise sebagai OPC. Dan sudah integrated dengan FT View Studio. Bukan aplikasi terpisah.
      Tapi kalau install Studio kita tidak boleh lupa install RSLinx enterprise juga.

  2. adi Says:

    Sedikit berbagi pengalaman.. Pak Juni…
    2 tahun yang lalu saya pernah upgrade seal system di Centaur 40 dengan Turbotronic 3 (PLC-5)…bukan TT4 (control logix 5000 seperti pada kasus pak Juni Ardi), tapi logic-nya mungkin kurang lebih sama….

    Mengenai 3 mode yang disimulasi:

    1.Betul, bahwa bila Pneumatic Motive force-nya tidak ready, muncul Alarm “Motive Force loss”, dan program akan meminta Backup seal pump untuk running, 1 menit kemudian muncul “Alarm Backup Seal Pump Fail”, dan 2 jam kemudian Unit akan mati dengan indikasi “BU seal Pump Failed”.

    2. Betul, bahwa ketika muncul “Alarm Backup Seal Pump Failed”, program akan mengecek Aux Seal pump (biasanya dengan motor AC), Discharge pressure harus bisa mencapai “120 psi diatas suction pressure” dalam waktu 12 detik, dan harus bisa mempertahankannya selama 48 detik kemudian. Bila ia lolos dalam pengecekan ini, unit akan mati dengan indikasi “Backup seal pump failed”.

    3.Sepertinya ini yang sedikit berbeda…. Ketika muncul “Alarm Backup Seal Pump Failed”… dan Aux seal pump gagal dalam pengecekan, unit tidak akan S/D karena masalah seal system (S/D system yang lain tetap berfungsi), bahkan setelah timer 2 jam habis unit tidak akan S/D, kecuali Aux seal pump atau Backup seal pump telah diperbaiki. Ketika salah satu pump telah lolos pengecekan unit akan langsung shutdown. Logic ini sebenarnya untuk memproteksi agar unit tidak shutdown ketika 2 seal pumpnya tidak berfungsi, karena bila hal ini terjadi maka ada potensi Gas akan masuk ke lube oil tank yang mungkin bisa memicu terjadinya ledakan….

    Mohon dikoreksi juga sapa tau ada yang salah…..maklum sudah 2 taon yang lalu….

    wassalam,
    adi
    adi.inst@yahoo.com

  3. mzaki Says:

    saya mungunakan Win 7 Ultm, Bagaimana saya mahu install tt400 to my lap top.

  4. Purwanto Says:

    Assalamua’laikum

    Pak Juni, Saya mau nanya kalau kita mau konvert dari File TT400 menjadi Excel itu bagai mana ya, jadi untuk memudahkan kita mempunyai list adress baik TAG, deskripsi maupun engineering unitnya dalam bentuk exce.

    ada cara khusus atau ada software khusus.

    Saalam

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      saya belum pernah coba sih.
      tapi coba buka saja di TTDesigner. Dibagian Tag nya.
      apakah ada fitur export import.

      kapan2 kalau saya sempat coba nanti saya kabari lagi.

      wassalam,
      juni


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: