Rslogix emulate 5000 bermasalah “Could not determine which modules are present in the Chassis”


ketika saya mau pakai program rslogix emulate 5000 ada pesan error “Could not determine which modules are present in the Chassis” dan aplikasi langsung ditutup setelah tekan tombol OK (aborting the application).

setelah browsing ke mbah google, ternyata sudah ada yang membahas di link berikut:

http://www.plctalk.net/qanda/showthread.php?t=50655

berikut kutipan solusinya:

Ken Roach:
Typing that specific phrase into the RA Knowledgebase returns Article ID # 35476 describing the consequences of corruption of the Virtual Backplane’s configuration file.

The repair for this is:

Stop the RSLinx Classic service (use the toolbar or the Service Control application (SERVICES.MSC)
Stop the RSLinx Enterprise service (use the Service Control application)

Uninstall SoftLogix5800 or RSEmulate 5000 and delete HKEY_LOCAL_MACHINE\software\Rockwell Automation\VirtualBackplaneMonitor folder and all subfolders from the registry.

Then reinstall SoftLogix5800 or RSEmulate 5000.

—-

kebetulan belum sempat coba, nanti kalau bisa saya update post ini.

ada yang sudah pernah coba??

[update]
alhamdulillah ketika saya coba sudah bisa .. 🙂

[update lagi]
rada aneh nich program, suka muncul lagi errornya.
akhirnya reinstall lagi.
sekalian iseng saya backup registrynya (eksport di regedit). Ketika terjadi error lagi,saya delete registry tsb dan saya import file backup registrynya tadi. eh bisa tanpa perlu reinstall program. 🙂 🙂

 

Artikel PLC / HMI lainnya:
https://juare97.wordpress.com/plc-hmi/

7 Tanggapan to “Rslogix emulate 5000 bermasalah “Could not determine which modules are present in the Chassis””

  1. Ajat Jatnika Says:

    Assalamualaikum

    Terimakasih atas info berharganya jadi intinya dalam hal ini kita harus reinstall RSLogix 5000 atau RSEmulate 5000 dan menghapus HKEY_LOCAL_MACHINE\software\Rockwell Automation\VirtualBackplaneMonitor folder and all subfolders from the registry. Saya ada masalah juga dan sampai ini belum terpecahkan masalahnya pada saat running FT View Studio Ver 5 muncul indikasi waring Server RNA local Host Not Loaded sehingga program .mer tidak bisa disimulasikan padahal program laddernya sudah online jadi tidak bisa men tag alamat ladder dengan program .mer nya. apakah Bapak ada solusinya? Terimakasih atas informasi dan bantuannya

    Wassalamualaikum

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      sudah install RSLinx enterprisenya kah?

      saya ada pengalaman, ketika RSLinx enterprise tidak di install, aplikasi di ftview studio kita jadikan MER, ketika dijalankan tidak bisa.

      • Ajat Jatnika Says:

        Sebelumnya saya bisa mensimulasikan ladder di PLC dengan program FT View Studio melalui media virtual blackplane di RS Link,entah mengapa ketika saya bersih bersih windows atau saya menginstall suatu program lain hampir selalu terjadi server not loaded. Ketika saya repair/reinstall ulang FT View Studio masih terjadi Server Not Loaded statusnya. Jalan terakhir mau tidak mau saya Install Ulang Windowsnya. Ada pencerahan lain Pak Terimakasih.

        Wassalamualaikum

  2. juare97 Says:

    wa’alaikumsalam wr.wb.

    blum ada lagi.
    biasanya jalan terakhir adalah install ulang windowsnya.

    atau kalau windowsnya agak repot diinstall ulang, biasanya saya pakai Ms virtual pc saja. buat satu sebagai master, tinggal copy dan dipakai untuk berbagai keperluan.

    • Ajat Jatnika Says:

      Baik Terimakasih atas info dan bantuannya. Saat ini saya mencoba program Deep Freeze agar system tidak berubah dan kembali sedia kala saat restart.

      Wassalamualaikum

  3. someone Says:

    ada masalah dgn product rockwell langsung aja cari di knowledgebase rockwell……thx


Tinggalkan Balasan

