FT View ME 5.0, RSLinx enterprise tidak diinstall


Fyi.

minggu lalu, saya mengedit aplikasi HMI yang dibuat di FTView ME 5.0 (RS View ME). Rencana ada penambahan alarm message.
PLC yang dipakai Micrologix dengan HMI Panel View Plus 700 (7″ –> kecil banget)

Ketika sudah selesai, saya membuat runtime file (MER file). Ternyata ada pesan error. Setelah dicek ada hubungan dengan tidak diinstallnya RSLinx Enterprise.
Ternyata communication setting jadi hilang kalau kita tidak install RSLinx enterprise ini.

Setelah itu langsung saya install RSLinx Enterprise ini.
Ketika di klik communication setting RSLinx enterprise, dia kasih pilihan mau buat baru atau pakai settingan aplikasi lain atau pakai settingan yang ada. Akhirnya saya pakai yang ke-2. Pilih settingan dari aplikasi revisi sebelumnya.
Dan akhirnya settingan itu kembali lagi.

Ketika saya coba download di Panel View Plus, semua berjalan dengan baik.🙂

alhamdulillah jadi nggak perlu buka-buka laptop untuk edit aplikasi lagi.
Tinggal testing saja… berjalan sesuai keinginan.
Tinggal monitoring saja….🙂

11 Tanggapan to “FT View ME 5.0, RSLinx enterprise tidak diinstall”

  1. ajat jatnika Says:

    Assalamualaikum

    Info yang sangat menarik namun saya juga punya pengalaman yang sedikit berbeda ketika saya ingin memodifikasi beberapa tambahan device tag saya menggunakan compact logix dengan HMI Panel view Plus 600. Disini saya gagal menulis runtime hingga muncul info notepad seperti dibawah ini:

    *** Start RSLinx Enterprise Conversion Messages ***

    ERROR: Unsupported driver detected. Driver name = “RSLinx Server”. Description: Only the Ethernet, Serial DF1 and Serial DH485 drivers are supported by Compact Machine Edition applications.

    ERROR: Unsupported driver detected. Driver name = “CompactLogix”. Description: Only the Ethernet, Serial DF1 and Serial DH485 drivers are supported by Compact Machine Edition applications.

    *** End RSLinx Enterprise Conversion Messages ***

    Validation completed with errors. The runtime application has NOT been created.

    Kira kira solusinya bagaimana yah pak mohon pencerahannya.

    Terimakasih dan Wassalamualaikum

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      kamu pakai komunikasi apa dari HMI Panel View Plus ke Compact Logic?
      kalau dari note errornya sih yang bisa komunikasi hanya pakai Ethernet, Serial DF1 dan DH485.

      wassalam

      • ajat jatnika Says:

        Saya menggunakan Ethernet lewat Hub Switch demikian juga dengan compact Logixnya. Jadi dapat memonitoring PLC dan HMI secara bersamaan. Sampai saat ini penyebab gagalnya create runtime belum saya ketahui dengan pasti. Namun akhirnya saya menggunakan file *.mer sebelumnya untuk download ulang dengan konsekwensinya saya membuat kembali tag yang telah saya buat di file *.apa. Padahal saya tidak pernah merubah driver atau settingan yang lain.
        Wassalamualaikum.

  2. bayu siswoyo Says:

    malam pak….

    saya mau tanya saya ada SLC 5/04 , setelah saya setting chanel configuration CH0 ” DH485 ” dan saya download, setelah itu saya tidak bisa RSlinx sedangkan saya mau edit program , saya sudah coba auto-configure tetapi muncul status ” unable to verify setting due to packet timeout! check all cable and configuration try again.”

    pertanyaan saya bagaimana setting RSlinx setelah chanel 0 saya settting DH485 … apa masih mengunakan cable RS232 1747-CP3 dan configuration drive masih dengan RS232 DF1 Devices …. tolong solusinya pak.

    • juare97 Says:

      wah saya blum pernah coba, coba kontak orang transavia atau rockwell indonesia.

      kemungkinan sih kabel yang dipakai sudah beda.
      mungkin juga ada tambahan konverter lagi yang perlu dipasang.

      atau mungkin cabut batterynya supaya program di memorynya hilang. Kalau sudah hilang mungkin saja dia balik ke defaultnya yaitu DF1.
      setelah itu coba lagi koneksi dengan RS232 DF1.

      kalau belum bisa, coba cari (googling/baca help/user manual) untuk reset processor supaya programnya hilang.

  3. Sopiyana Says:

    Pa tolong pencerahannya ya…kalau file run time .mer itu bisa di edit ga ya di ft view studio?caranya gimana ya?

    • juare97 Says:

      kalau versi 5.0 dan yang lebih baru bisa dengan catatan ketika pembuatan file mer nya di pilih yang bisa di konversi ulang ke project.
      Coba buka application manager, nanti tinggal pilih restore dari file mer (pilihan paling bawah biasanya)

  4. Manru_rm Says:

    Mau numpang sharing ni pak, saya mau menambah tampilan di Panel View Plus600 sebelumnya saya download format .mer, untuk bisa edit diubah ke .apa pakai application manager restore tapi tidak bisa, katanya penempatan file tidak ditemukan. gimana ya tolong solusinya


Tinggalkan Balasan

