tidak dikenalnya 1769sc-if8u membuat masalah upload RSLogix5000 dengan Compact Logix 1769-L32E


Dua hari yang lalu saya mengunjungi salah satu site yang mempunyai masalah komunikasi antara RSLogix5000 versi 15 dengan Compact Logic (1769-L32E revision 15.4).
Masalahnya adalah tidak bisa langsung online dengan file aplikasinya, harus upload.
Dan ketika diupload pas baru 6 bar sudah gagal.
Kami sudah mencoba dengan 3 (tiga) buah laptop.

Nah untungnya ada info dari rekan kami kalau ternyata ada 3 buah module IO (sama tipenya) yang tidak dikenal.
Dimana yang terpasang adalah module 1769sc-if8u sedangkan dia dikenal di RSLinx sebagai 1756-xxxx
Nah pas malamnya saya cari-cari di internet akhirnya ketemu website ini:
http://www.spectrumcontrols.com/ab-1769.htm

ternyata module itu adalah module buatan spectrum control. Kayaknya sih 3rd party.
Lalu saya download new module profile v2.0 for RSLogix 5000 version 15 dan diinstall.
lalu saya download juga EDS nya dan di add kan EDSnya.

Alhamdulillah besoknya pas di coba bisa upload.🙂

semoga sharing ini bisa membantu rekan-rekan yang mengalami kejadian serupa.🙂

8 Tanggapan to “tidak dikenalnya 1769sc-if8u membuat masalah upload RSLogix5000 dengan Compact Logix 1769-L32E”

  1. Pemula Says:

    //Assalamualaykum,
    Salam kenal mas & all,
    Numpang sharing..kurang lebih masalahnya sama dengan topik yang lagi dibahas.
    Bbrapa bln yg lalu saya tidak bisa online ke CLX (ControlLogix).
    Saya pakai RSLogix5K V13 dan RSLinx V2.43. CPU nya 1756-L61.
    Saya coba online melalui ethernet (seperti biasanya) tapi tidak bisa, pada RSLinx muncul icon tanda tanya dan tulisan unrecognized device. Sepertinya CPU 1756 terdeteksi oleh RSLinx tapi tidak dikenali.
    Sya coba reinstall RSLinx dan setelah itu bisa online. Kmungknan EDS pada RSLinx corrupt atau semacamnya.
    //Smoga bermanfaat

  2. dnya Says:

    pak klo untuk emulatornya rs logix 5000 yang ada profile module 1756 nya versi berapa yach. saya pakai 1756-l55 pas upload ke emulator nya selalu ada error i/o not responding. module yang ada di emulatornya cuma 1789? mohon pencerahannya?

    • juare97 Says:

      saya pernah pakai emulator, processornya otomatis diganti dengan emulator saat online ke emulator.
      nah io nya memang tidak responding. ini blum saya pelajari gmana caranya.

      tetapi saya akalin saja logicnya. misal untuk analog, disable saja rung scalingnya. Nanti tag tersebut bisa dimainkan di tag monitor.
      untuk discrete, bisa gunakan jumper NO/NC pakai memory tag.
      hasilnya lumayan bisa simulasi ini logic yang ingin saya pelajari/tes.

      mungkin ada rekan lain yang bisa sharing …

      terima kasih

  3. aan Says:

    Pak, saya kemaren juga dapet kasus yang sama dan alhamdulillah sudah bisa teratasi..
    Namun sekarang permasalahannya adalah tidak bisa download, muncul “Module Configuration Rejected: Format Error” dan muncul tanda seri di I/O configurationnya.. oiya, serial number 1769sc-IF8u nya DEMO.. apakah bermasalah ya?
    Kira2 gimana ya pak pemecahannya??

    Thanks

    • juare97 Says:

      nampaknya kalau software yang kami punya bukan versi demo … tapi download full dari internet.
      Mungkin EDS nya harus cari yang sesuai juga.

  4. someone Says:

    itu cuman masalah EDS aja om….cari update EDS nya di website rockwell….good luck


Tinggalkan Balasan

