FAT Fire and Gas System di jkt


beberapa hari terakhir ini saya disibukkan dengan pekerjaan Seputar Fire and Gas Panel.

Dimulai dari FAT (Factory Acceptance Test) di workshop Vendor di Jakarta dan Meeting di Plant untuk finalisasi design.

tahu kah anda apa Fire and Gas System di Oil and Gas?

mungkin bisa saya jelaskan sedikit disini ..
kalau ada yang salah silahkan dikoreksi …
maklum ilmunya juga masih cetek …😉

Fire and Gas System yang dimaksud disini adalah Sistem yang aktif memproteksi Plant kita dimana biasanya di pasang barang-barang berikut:
1. Smoke Detector, untuk mendeteksi Asap. Biasanya dipasang didalam ruangan di atas / plafon. Asap rokok bisa dideteksi. terkadang di pakai untuk testing juga atau kita juga bisa pakai alat yang berupa kaleng spray namanya Smoke Tester. Signal berupa diskrit saja. On-Off.

2. Gas Detector, untuk mendeteksi Gas. Biasanya di Oil&Gas yang di deteksi adalah Metana. Dia dalam satuan LEL (Lower Explosion Limit) artinya kalo 100%LEL sudah bisa terbakar kalau sudah ada api dan cukup O2. Ingat segitiga Api: Fuel, O2, Ignition. 3 syarat terbentuknya api. nah 20% LEL diset sebagai alarm dan apabila lebih 60% LEL bisa diset untuk menshutdownkan unit atau alarm Hi Hi Gas Detected. Untuk test alat bisa pakai Tabung Gas Metana yang kecil. Tinggal pakai selang dan koneksi ke ujung gas detector ini. Biasanya sudah ada alatnya dari vendor yang bisa dibeli. Signalnya berupa 0-20 mA.

3. Flame Detector. Untuk mendeteksi api. Beberapa tahun lalu teknologinya UV saja, trus dikembangkan lagi karena sering false signal (misal karena petir atau las dan bisa juga pantulannya) menjadi UV/IR dan ternyata masih tetap ada false signal. Dikembangkan lagi Triple IR (Tri-IR). Katanya sih lebih bagus. Ada lagi yang lebih baru tapi semakin mahal. Biasanya penggunaan teknologi ini disesuaikan dengan budget juga dan jenis plantnya. Yang pernah saya pakai merek Detronics. Yang akan kami pakai nanti merek Net Safety. Katanya sih bagus juga. Signalnya berupa 0-20 mA.

4. Open Path Gas Detector (OPGD), dipasang diluar untuk mendeteksi adanya kebocoran gas di equipment and pipa. ini satu set ada Transciever dan ada Receiver. dan instalasinya agak repot karena tinggi sensor2nya harus se-level. biasanya dibantu sama alat yang ada cerminnya dan kaca pembesar. lupa namanya. yang dulu pernah saya pakai produk dari sieger-searchline excel

5. Heat Detector, mendeteksi panas.

6. HSSD (High Sensitivity Smoke Detection), barang ini ada pompa yang menghisap udara melalui pipa-pipa PVC yang terhubung dengan Panel-Panel Listrik dan Control. Jadi dipasang didalam building saja. dulu pernah lihat merek VESDA. Sistem ini punya sistem control sendiri. Setelah itu bisa kasih signal alarm atau confirm fire ke Safety System.

7. Fusible Plug dan Fire Water Pump. Di Fusible plug ada timah yang akan meleleh apabila terkena panas dari api, sehingga tekanan air didalam sistem pipa fusible plug menurun. Otomatis Pompa Fire Water akan jalan. Fire Water System ini bahan bakarnya diesel dan punya battery backup untuk control panelnya. Sistem ini berdiri sendiri dari Fire and Gas Panel.
Ada juga yang seperti di gedung yang memakai Sprinkler. Prinsipnya hampir sama.

8. Sistem CO2 extinguisher yang otomatis akan menyemburkan CO2 ke dalam ruangan atau enclosure. Untuk mengusir O2 sehingga api bisa padam. Tetapi penggunaan ini sudah dilarang untuk diruangan karena apabila ada orang didalam dan sistem mal function maka orang tersebut bisa meninggal karena tidak ada O2. Sedangkan untuk di enclosure, maka apabila ada pekerjaan system ini harus dikunci sehingga tidak bisa bekerja apabila ada valve tidak sengaja terbuka. Saya masih lihat sistem ini di Compressor2 yang memiliki enclosure.

Selain alat yang otomatis deteksi dipasang juga alat manual seperti
9. Manual Alarm Call Point / Break Glass, Operator akan memecahkan kaca dialat ini sehingga alarm / horn akan berbunyi untuk memberitahukan ke personel yang lain kalau ada kebakaran / emergency. Signalnya discrete, ON-OFF.

Nah yang kami pakai untuk Fire & Gas Panel ini adalah item#1, #2, #3, #5, #9.
diintegrasikan dengan sistem lainnya juga … misal Fire Confirmed dari Unit Compressor, dll.

Untuk logicnya bisa dipakai PLC, misal Allen Bradley Control Logix.

okay .. segini dulu .. nanti2 dilengkapi lagi …
silahkan ditanggapi juga agar semakin lengkap artikelnya … 😉


referensi dari wikipedia
industrial safety system
fire protection
smoke detector
gas detector
flame detector
heat detector
fusible plug
manual call point / fire alarm pull station

dari tempat lain
sieger-searchline excel
hssd-vesda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: