CS-3000 – Yokogawa Vnet / VLnet Adapter Card driver


kemarin ada request dari rekan di Badak untuk install driver Yokogawa Vnet / VLnet Adapter Card di HIS Simulator. HIS Simulator ini memakai Windows XP dengan Systemnya CS3000.
Sebelumnya sudah terinstall tetapi sekarang tidak terinstall drivernya.
ada tanda tanya di Network Controller (Device manager).

Berhubung kami tidak ada yang tahu master fille drivernya dimana.
akhirnya diputuskan untuk mengcopy dari komputer HIS yang lain di Plant.

Ketika sudah di plant, kita lihat driver dari HIS yang lagi aktif dan ketemu file drivernya bknic.sys.
tetapi ketika kita copy ke HIS Simulator itu tetap tidak terdeteksi drivernya.
Seingat saya sih kalo driver itu butuh file *.inf.
Di cari juga ternyata tidak ada.

Pindah ke HIS di Control Room lain juga sama saja.
tidak ketemu juga.

Akhirnya istirahat sholat jumat.
Setelah itu cari2 file drivernya di Internet.
Pake google dan masuk ke webnya Yokogawa.
tidak ada juga. 😦

akhirnya balik lagi ke Simulator Room.
eh rekan itu bilang, kok cardnya tidak terdeteksi.
Akhirnya saya putuskan untuk bongkar casing CPUnya dan lepas card itu.
Lihat2 sebentar dan balikin lagi.
Pas komputernya sudah dihidupkan dan masuk ke Windows. Pas di cek lagi di Device Manager Cardnya sudah terdeteksi dan ternyata drivernya sudah terinstall.

O la la …. apa karena kendor yah atau kah ada hal lainnya.
karena sudah bisa, ya sudah lah …. Alhamdulillah sudah clear dan sudah bisa dipakai untuk komunikasi dengan Controllernya.

akhirnya ditinggal karena sudah mulai sore ….
kapan2 dipelajari lagi 🙂

ada yang punya pengalaman kayak gini??

nb: jangan tanya yang detail tentang Yokogawa CS3000 ini yah. Baru belajar dasarnya saja …. hihihihihi …

Ditulis dalam DCS. Tag: , . 6 Comments »

6 Tanggapan to “CS-3000 – Yokogawa Vnet / VLnet Adapter Card driver”

  1. novakurniawan Says:

    Aku dulu pas TA punya masalah driver Vnet-nya gak bisa nge-load juga Jun. Uniknya dosen pembimbingku bisa datengin orang Yokogawa Jakarta buat dateng ke kampus and ngeload drivernya. Mantabssss….

    • Homi Says:

      Driver VNet card nya sudah ada di CD instalasi yang berlabel: SOFTWARE MEDIUM.
      Lebih detail, kontak ke kantor Yokogawa saja Pak,

      Balikpapan:
      (62) 0542 416828

      Jakarta:
      (62) 021 7990102

  2. Odi Hutajulu Says:

    saya mahasiswa elektro its…kebetulan kita punya FCS dari yokogawa…tapi kenapa ya sampai kini ngak bisa koneksi ke kontrolernya(FCS)…padahal driver Vnetnya sudah terinstall tetapi selalu muncul kata cable unplugged…sudah ddicek dan dibongkar tetap aja tidak mau koneksi dengan FCS…..Kalau boleh tau ada saran ngak atas permasalahan ini?? THX

  3. Hariyadi Says:

    Siapa yang sudah coba-coba SOE yokogawa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: