Perbedaan Bahasa Pemrograman PLC (IEC 61131-3)


sudah sempat disinggung di post mengenai PLC terdahulu mengenai 5 bahasa pemrrograman di PLC merujuk ke Standard IEC-61131-3.

nah saya menemukan presentasi yang cukup jelas untuk membedakan 4 diantaranya (langsung kutip aja yah 🙂 :

  • Ladder Diagram (LD) – State based sequential and motion control
  • Function Block Diagram (FBD) – Continuous process and drive loops
  • Sequential Function Chart (SFC) – Control sequence management and batch process
  • Structured Text (ST) – Custom looping and complex mathematical algorithms

nah dengan penggunaan yang tepat maka menurunkan kompleksitas dari program yang kita buat, meningkatkan proses pembuatan program, mengurangi debug, dan tentunya cost buat maintenance.

cuman yah tentu saja, programmernya jadi harus menguasai empat bahasa ini….

kalo otaknya masih encer …. silahkan saja 🙂

 

Artikel PLC / HMI lainnya:
https://juare97.wordpress.com/plc-hmi/

21 Tanggapan to “Perbedaan Bahasa Pemrograman PLC (IEC 61131-3)”

  1. iben Says:

    hallo mas…

    Dari kemaren tuh dah berusaha kerras buat belajar PLC, tapi bingung harus mulai darimana… coz di kampus gk ada kuliah PLCnya.. (adanya buat diploma)..

    kemaren dah baca sekilas tentang PLC dari OMRON.. tapi berhenti ditengah jalan.. bingung, ..

  2. fathoni Says:

    belajar pake software ladsim dulu aja mas

  3. juare97 Says:

    nah kalo bingung PLC Omron…
    kayaknya fathoni bisa bantu .. coba aja kontak2 an sama dia …

  4. uptoyou Says:

    mas butuh bantuan nich

    saya pernah kerja ama ladder dan HMInya slc 5/05 allen bradley
    maklumlah soalnya license:) hingga belajarnya belum tuntas
    pernah juga oprek activation keynya yang kalo ga salah file hidden bernama evrysis tapi ternyata ada copy protectionnya
    dimana ya bisa cari program gratisan buat latihan ladder logic dan koneksi HMInya
    kalo di automation.web.idnya mas fathoni aplikasi programmingnya berbayar semua:)

    salam kenal
    youdie

  5. teguh Says:

    ass.mas,saya mo nanya nih caranya supaya cepat memplajari tentang plc gmn carannya soalnya selama saya kursus di salah satu tempat kursus yg berada di kota malang,tisp instruktur nerangin pelajaran saya selalu tidak bisa memahami apa yang instruktur kasih.trims

  6. juare97 Says:

    #buat uptoyou#
    iya .. ada file hiddennya …

    kalo program gratisan, saya kurang tahu ..
    selama ini saya pake program yang berlicense aja … 🙂

    #buat teguh#
    www.
    kalo cuman teori aja, mungkin agak susah.
    harus sama praktek dan nyoba sendiri langsung.
    ada baiknya punya dasar listrik atau dasar sistem digital..

  7. fathoni Says:

    buat mas yudie….

    kalo pengen latihan ladder logic di PLC plus komunikasi HMI, bisa pake banyak software tanpa fisik yaitu produk – produk Allen Bradley, seperti RSLogix5, 500 dan 5000, karna semuanya dilengkapi emulator, dan yang lebih baek lagi ada DDEServer buat simulatornya (RSLinx), kalo aku gak salah simulator Schneider juga bisa, cuma belum pernah nyoba (soalnya anti modbus…hehehe)

    untuk masalah license, untuk belajar belajar aja atau develop, saya juga gak pernah beli tuh license, download aja mas, saya download semuanya (software maupun license) di http://plc.net.ru/ cuma mas harus punya account/login rapidshare atau megaupload…hehehehe

  8. fathoni Says:

    untuk mas yudie…

    saya juga untuk belajar biasanya download aja software n licensenya (plc.net.ru), disana ada semua tuh, cuma mas harus punya login rapidshare/megaupload….hehehehe

    kalo dari AB PLC Simulator bisa langsung ke HMI, karna dia punya DDEServer untuk emulatornya, kerenlah pokoknya…
    kalo gak salah Schneider juga bisa, cuma gak pernah nyoba (soalnya anti modbus,hehehehe)

  9. britantyo Says:

    selamat siang mas…

    saya mau nanya kalo PLC yang support IEC 61131-3 tuh apa aja yah? apa semua PLC support 5 bahasa ini, atau hanya PLC yang meng-klaimkan diri bahwa PLC itu support IEC 61131-3?

    saya butuh nasihatnya mas tentang PLC-PLC ini.
    kalo bisa sih kasih saya juga rekomendasi buat PLC-PLC yang support IEC 61131-3. siapa tau mas jualan juga.

  10. juare97 Says:

    rata2 sih support semua … tapi yah ndak kelima-limanya … sebagian aja ..
    minimal ada Ladder Diagram …

    sorry, saya ndak jualan … cuman pemakai saja 🙂

  11. toekang Says:

    mas kok saya agak bingung dengan diagram relasi 4 bahasa program PC itu, klo ngeliat diagram itu brarti ada bagian-bagian dari SFC, LADDER dan FBD yang tidak bisa di create oleh Structure Text (STL) .. sepengetahuan saya semua bahasa program itu bisa dicariin padananya ke dalam STL jadi klo ngak salah STL ini mencakup semuanya.
    Bisa ngasih sample logic yg dibuat dari LADDER, SFC ato FBD yg ngak bisa dibuat oleh STL ?

  12. juare97 Says:

    mas e-one …
    saya sih blum menguasai sepenuhnya semua bahasa pemrograman ini …
    tapi beginilah info yang saya dapat dari Rockwell (AB) (tadinya ndak saya masukkan di atas)….
    kemungkinan untuk PLC jenis lain bisa beda kali yah … 🙂

  13. toekang Says:

    sama ..aku dah lama banget ngak bergelut di dunia PLC.
    cuman feeling aja … semua Fungsi yg ada di FBD,SFC dan LAD itu klo di tarik benang merahnya ..kan dibentuk dari statement/sintak dasar … dan semua hal itu kan ada di STL ..
    atao sama halnya dgn semua operasi matematika itu kan bisa dibentuk dari operasi penjumlahan doank ..
    atau semua logika digital bisa dibentuk dari logika NAND

  14. marten Says:

    Asslamu alaikum….mas saya mau bertanya :
    1. Apakah PLC bisa dicontrol sama Delphi ?
    2. Terus Software tambahan apa saja yang diperlukan ?
    Makasih….sy sangat harapkan jawabannya.

  15. juare97 Says:

    wa’alaikumsalam wr.wb.

    sebetulnya PLC itu adalah controller …
    delphi itu bisa sebagai HMI/MMI nya ..
    jadi dia mentrigger bit atau mengeset Word/INT yang ada dalam PLC itu sendiri .. nah PLC nya akan mengeksekusi sesuai dengan logic/program yang ada …

    software yang dibutuhkan adalan OPC Server …
    (OPC = OLE for Process Control)
    coba kamu cari aja di google … kalo ndak salah dulu ada teman yang bilang ada OPC yang gratisan … bahkan ada yang kasih sourcenya … tapi saya blum pernah coba … karena ini sudah lebih dalam programmingnya ….

    cari OPC yang sesuai dengan PLC dan protocol nya …
    nah setelah itu kamu harus tahu bagaimana menggambil data dari Delphi ke OPC Server via DDE …
    di tonai blog (lihat link blogroll saya diatas kanan) .. dia menulis artikel yang pake VB …

  16. adis Says:

    DH,

    mas, aku mau tanya kalo kursus HMI untuk PLC Allen bradley dimana ya?

    terimakasih atas infonya
    wasalam

    addis

    • juare97 Says:

      RSView yah?
      kalo saya sih tahunya ke Rockwell atau Transavia ….

      Coba kontak:
      Suekto Lee
      Technical Representative
      Rockwell Automation Southeast Asia Pte. Ltd.
      Representative Office – Indonesia
      MidPlaza 2, 22nd Floor, Jl. Jend. Sudirman Kav 10-11
      Jakarta 10220, Indonesia
      DirectTel : 6221.2554.5221
      Fax : 6221.2554.5299
      Mobile : 62.811.911.938
      Email : slee5@ra.rockwell.com
      http://www.rockwellautomation.com

      atau

      Risman H. Abidin
      PT. Transavia Otomasi Pratama

  17. hess Says:

    Mei 18, 2008 pukul 5:09 am

    buat mas yudie….

    kalo pengen latihan ladder logic di PLC plus komunikasi HMI, bisa pake banyak software tanpa fisik yaitu produk – produk Allen Bradley, seperti RSLogix5, 500 dan 5000, karna semuanya dilengkapi emulator, dan yang lebih baek lagi ada DDEServer buat simulatornya (RSLinx), kalo aku gak salah simulator Schneider juga bisa, cuma belum pernah nyoba (soalnya anti modbus…hehehe)

    untuk masalah license, untuk belajar belajar aja atau develop, saya juga gak pernah beli tuh license, download aja mas, saya download semuanya (software maupun license) di http://plc.net.ru/ cuma mas harus punya account/login rapidshare atau megaupload…hehehehe
    Balas

    ======================================
    menyebarkan informasi untuk materi materi ilegal bisa ditangkep loh…
    plc.net ru. dah di persona no grata kan… hati hati

    salam
    hess

  18. dadi Says:

    salam kenal buat semuanya,

    kalau mau belajar software yang bisa support IEC 61131-3 coba saja TwinCAT (Total Windows Control and Automation Technology) 30 days trial version dari Beckhoff di ”
    http://www.beckhoff.com/english.asp?download/default.htm
    kalau masa waktunya habis tinggal uninstall dan install ulang.
    kelima bahasa tersebut bisa di pelajari menggunakan help & sample programnya dan bisa di tampilkan HMI sederhananya menggunakan Visualizations, dan bisa juga menggunakan bahasa MS Visual C#,C++, Basic.NET, Basic 6. lebih jelasnya coba kunjungi website nya Beckhoff

    maaf bukan promosi hanya ini dari yang sudah saya coba untuk belajar smoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

