PLC (Programmable Logic Controller) part5


…. sambungan dari part4

ketika saya browsing di websitenya Allen Bradley (AB) di www.ab.com , saya menemukan hal yang menarik mengenai RSLogix 5000
di website ini disediakan video buat pemula untuk mengenal tentang software ini ..
silahkan klik link berikut http://www.rockwellautomation.com/solutions/integratedarchitecture/resources4.html

nanti klik “RSLogix 5000 Start Page Videos for New Users”

oh iya .. untuk info ..
RSLogix 5000 adalah Software Pemrograman buat PLC (kalo AB bilangnya PAC, Programmable Automation Controller) Seri Logix5000.

(kalo PLC dikategorikan lain lagi, mungkin karena perkembangan teknologi sehingga PLC yang sudah canggih di kelompokkan menjadi PAC … tapi secara umum tetap aja orang bilang PLC 😉  )

untuk lebih detailnya silahkan baca di sini
http://www.rockwellautomation.com/rockwellsoftware/design/rslogix5000/

note: bukan promosiin AB loh, cuman PLC ini layak untuk dipelajari karena memang banyak yang pake … 🙂

ok, segini dulu .. lain waktu akan di tambahkan bila ada waktu luang … 🙂

…   bersambung ke judul artikel yang berbeda … silahkan browsing link berikut:

https://juare97.wordpress.com/plc-hmi/

95 Tanggapan to “PLC (Programmable Logic Controller) part5”

  1. Muliadi Says:

    @ Mas Juare97: Sorry numpang ya Mas.
    @ Mas Imam: saya ada macam-2 touch screen yg bisa connect ke plc Bpk. Bisa hub saya di 021-68504878.

  2. Liya Setyo budi Says:

    Assalamualaikum.

    Mas bisa bantu untuk menghubungkan antar touch scren (easy view) dan PLC LG master K120s.

    Pengennya PLC ini bisa diatur melalui HMI ini..

    terima kasih..

    Liya setyo budi

  3. Untung W Says:

    Mas PLC samsung ( Fara ) bisa di hub ke touch screen
    thanks mas

  4. alid Says:

    mas kalo software buat PLC samsung (samsung Brain) apa sh?saya nyari2 ga ketemu2 nih. tolong ya. lagi ada tugas d kampus nih.

  5. la arman Says:

    salammmmm….saya mau tau banyak tentang program dalam PLC untuk mengolah data yang telah di ADC. bagaimana sintax programnya??

    tolong di kirim ke email saya.terimamkasih sebelumnya atas kesedian tuk berbagi informasinya.

  6. agung Says:

    mas boleh tau gak plc allen bradley yang pakai perusahaan apa saja?saya ada kesempatan belajar, cuma bingung milih omron atau allen bradley.trimakasih sebelumnya
    nb:bisa tolong dibalas via email..saya jarang online nih mas..

    • agung Says:

      lupa mas..alamat email saya venoma7@gmail.com

      • juare97 Says:

        mas agung,

        biasanya sih di oil&gas, mining, food pakai Allen Bradley.
        setahu saya yang pakai omron di kalangan mahasiswa, penggunaan di gedung atau toko, dll.
        untuk industri lainnya saya kurang tahu.

        dan biasanya tergantung juga dari daerah asal perusahaannya.
        misal:
        – perusahaan amerika lebih senang Allen Bradley
        – perusahan eropa lebih senang Siemens / Schneider (Modicon Quantum, dll)
        – perusahan jepang lebih senang Mitsubishi
        – perusahaan korea lebih senang LG

        dan lain sebagainya.

        salam,

  7. Muhamad Sidik Says:

    Assalamu’alaikum.
    Maaf mas saya kesulitan dalam memproses data bit dari camera keyence cv2100 ke plc.
    mohon penjelasannya.

  8. jaswadi Says:

    maaf mas jun saya jaz mau numpang nanya lagi. saya punya micri logic 1000, bisa bantu saya skema sambungan ke komputer, masalahnya kabel asli mahal, saya baru belajar soalnya. trima kasih

  9. jaswadi Says:

    thanks mas jun, bersedia menyisakan waktu buat kami

  10. jaswadi Says:

    halo mas jun saya lagi yang mampir. saya udah bikin sambungannya, tapi kalo saya onlinekan ada tulisan COMMUNICATION PATH HAS NOT YET BEEN CONFIGURED, saya ok keluar pengaturan…….. saya ok lagi keluar NO RESPONSE FROM PROSESSOR AT SELECTED PATH/NODE
    LINK DRIVER SOFTWARE IS UNAVAILABLE OR IMPROPERLY INSTLALED. mohon pencerahannya mas

    • juare97 Says:

      sudah setting komunikasi di RSLinx?

      kalau belum, coba buka rslinx,
      pilih communication –> configure driver
      pilih available driver type: rs-232 df1 devices
      nanti add new dan pas ada setting coba klik auto configure.
      kalau sukses.
      di rslinx, pilih communication –> rswho
      kalau kabel sudah tersambung ke micrologixnya maka akan terlihat disini.

      setelah itu baru buka rslogixnya, pilih comm –> who active go online
      tinggal pilih driver rs-232 tadi dan pas kelihatan micrologixnya, klik iconnya dan online kan.

      semoga berhasil

  11. fauzi ahmad Says:

    Aslmkm wr wb. Mas jun

    Mas jun mohon pencerahaanya ni (sudah agak nge-hange soalnya), saya mau tanya cara dan tahapan-tahapan apa sajah untuk membuat by pass logix pada rung yang berhubungan dengan shutdown proses/system pada PLC AB RSLogix 5000, 500 ataupun PLC5, agar ketika dilakukan perubahan pada rung (edit rung) atau function test device F&G system, Rung pada logix PLC ESD tidak bekerja (mohon contoh gambar ladder logixnya seperti apa mas jun) alamat email saya, fauzi.ahmad.ibp@gmail.com

    terima kasih sebelumnya mas jun, wlkmslm wr wb.

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      sebaiknya logicnya tidak dimodifikasi.
      tapi dioverride saja yang di final element (misal SDV/BDV) atau perintah shutdown di terminal blocknya di jumper (biasanya fail safe kan)
      kami tidak pernah melakukan perubahan di logic saat esd test atau verifikasi di sistem esd.

      kalau memang harus dilakukan/terpaksa, untuk rslogix5k saat di edit bisa di test dulu sebelum di assemble.
      setelah itu kalau di cancel maka logicnya balik ke semula. saya agak lupa detailnya.
      untuk rslogix500 dan 5 saya belum pernah coba. mungkin saja sama.

      terima kasih

  12. Deddy Says:

    Salam……Mas Jun……
    Saya mau tahu tentang PLC Allen Bradley. Program apa saja yang harus diinstal untuk bisa simulasi dan modifikasi program pada PLC Allen Bradley.
    Seperti di Siemens S7-300 kan kita perlu instal Simatic Manager dan WINCC Explorer, dan untuk simulasi kita install program S7-PLCSIM. Untuk saat ini ditempat saya memakai Siemens S7-200 dan S7-300. Tolong kirim lewat email saya ya mas Jun..
    Mohon pencerahannya dan trimakasih sebelumnya.

  13. imam santoso Says:

    Assalamualaikum,

    Nama saya Imam, saya baru belajar PLC namun saya mengalami kesulitan dalam merancang aplikasi stepping motor dengan menggunakan PLC Keyence, saya masih belum paham mengenai motor position/origin dan step by step (manual) running. mohon pencerahanya terutama dalam pembuatan ladder nya.

    Terima kasih
    (leaf.of.santoso@gmail.com)


Tinggalkan Balasan

