PLC (Programmable Logic Controller) part3


sambungan dari part2 

saya nemu website yang bagus nich….  http://www.industrialtext.com/freestuff.htm

dia memberikan beberapa buku gratis seputar PLC …  (kalo mau yang lebih lengkap bisa juga di beli disitu  🙂

jadi silahkan download sendiri aja yah ….  😉 

oh iya … kalo mau baca2 tentang plc juga bisa ke www.plcs.net

dulu saya belajar dari sini ketika masih kuliah …. lumayan lengkap buat dasar …..

bersambung ke part4

Ditulis dalam PLC-HMI. Tag: . 24 Comments »

24 Tanggapan to “PLC (Programmable Logic Controller) part3”

  1. juare97 Says:

    salam kenal juga …. 🙂

  2. Fajar Gustami Says:

    Salam kenal dari Jambi mas Ardi Irawan.saya ingin belajar banyak dari anda mengenai PLC.kalau ada skema rangkaiannya,tolong dikirimin ke email saya donk.alamatnya: fgustam@gmail.com

    Thanks before

  3. juare97 Says:

    salam kenal fajar ….

    skema yang kamu maksud adalah wiring diagram nya ..
    yang saya punya kebetulan punya project dan berhubung rahasia perusahaan yang bersangkutan, jadi maaf …
    tidak bisa saya berikan … walaupun bisa saya modif kayaknya butuh waktu deh….

    tapi sebetulnya bisa kamu cari dari masing2 vendor masing2 plc tersebut … mungkin ada petunjuk atau user manualnya …

    selamat mencari yah …. 🙂

  4. Sucram Says:

    juare, gw minta tolong kalo ada yang mau beli alat nomorin kabel untuk installasi wiring panel bisa kontak ke gw 08179544209. Thx.

  5. sefta MD Says:

    terima kasih untuk artikel PLC nya, tugas saya jadi terbantu

  6. juare97 Says:

    terima kasih kembali … 🙂

  7. huda Says:

    thanks bro!!

  8. Mozlie Says:

    thx for info boss…

  9. ahiddd Says:

    minta info yang jual PLC baru sekitar jogja atau semarang??
    alamat atau webnya??
    tlng kirim ke ahiddd@yahoo.com

  10. agung Says:

    salam kenal,,saya mahasiswa elektro telekomunikasi.saya tertarik untuk mengambil kursus plc.pilihannya omron atau plc allen bradley.kalo menurut mas pertimbangannya bagaimana?apakah allen bradlay banyak digunakan di industri khususnya Indonesia?bisakah dibalas via email?maaf saya jarang online.venoma7@gmail.com

    • juare97 Says:

      mas agung,

      biasanya sih di oil&gas, mining, food pakai Allen Bradley.
      setahu saya yang pakai omron di kalangan mahasiswa, penggunaan di gedung atau toko, dll.
      untuk industri lainnya saya kurang tahu.

      dan biasanya tergantung juga dari daerah asal perusahaannya.
      misal:
      – perusahaan amerika lebih senang Allen Bradley
      – perusahan eropa lebih senang Siemens / Schneider (Modicon Quantum, dll)
      – perusahan jepang lebih senang Mitsubishi
      – perusahaan korea lebih senang LG

      dan lain sebagainya.

      salam,

  11. Dsubagia Says:

    salam kenal,
    saya ada permintaan dari client pek PLC apa bisa bantu saya dan bisa kerjasama untuk create dan konsep hingga pelaksanaan terintegrasi buat industri, mohon jawaban di email dan koordinasi serta kerjasamanya ke support@muaratech.com terima kasih

  12. sjahreza Says:

    apa kabar, mas jun?
    C-7000 aman?

  13. ABDUL MUTAQIN Says:

    saya baru belajar plc pak
    mohon bimbingannya
    kalau program sudah di buat,
    cara insert progam ke plcnya bagaimana,??
    kabel PC to PLC nya??
    abdulmutaqin13@yahoo.co.id
    trimaksih pak.

    • juare97 Says:

      tergantung merek plc, type dan jenis protocol komunikasi yang dipakai.
      beda-beda mas.
      coba nanti baca user manualnya. Nanti biasanya ada info dia pakai protocol komunikasi apa saja.
      trus nanti diprogramnya tinggal disetting komunikasinya sesuai dengan protocol komunikasi yang dipakai.

  14. Primiari Dean Says:

    assalamuallaikum pak,
    saya tertarik dengan pLC, dan saya sangat ingin belajar tentang PLC, mohon bimbingannya pak 🙂
    saya mau tanya pak, apa bedanya PLC Omron sama PLC allen bradley?
    apa kelebihan & kekurangan antara kedua PLC tersebut?

    terimakasih 🙂

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam wr.wb.

      perbedaannya saya kurang bisa menjelaskan karena saya belum pernah pakai Omron.
      Tapi biasanya sih dari bbrp perusahaan yang saya lihat rata-rata pakai PLC AB, PLC Siemens, PLC Modicon Quantum/PLC Schneider.
      Ada juga yang pakai PLC GE Fanuc, PLC Mitsubushi.

      Masing-masing merek punya kelas-kelasnya. Tergantung dari besar kecilnya I/O dan kompleksitas sistem yang akan dicontrol.

      Untuk belajar, di internet banyak dibahas.
      Paling enak ada PLC nya yang bisa diutak atik.
      Kalaupun tidak ada, bisa pakai simulator.
      Masing-masing merek PLC punya software masing-masing.

      ok, segini dulu…
      silahkan kalau mau tanya2 lagi…

  15. den_agiel Says:

    assalamualaikum mas,

    artikel yang sangat bermanfaat,
    ada yang ingin saya tanyakan tentang PLC berdasarkan tugas saya,kebetulan saya kuliah di bidang oil dan gas,
    PLC jenis apa yang biasa digunakan pada industri migas??
    dan dimanakah aplikasinya dalam bidang tersebut?
    dan bagaimanakah proses dia bekerja,?

    terimakasih mas,

    • juare97 Says:

      wa’alaikumsalam.

      PLC yang biasa digunakan di oil & gas macam-macam.
      Yang umumnya saya tahu adalah Allen Bradley, Schneider, Yokogawa, dll.
      Aplikasinya macam-macam: ada untuk shutdown system, fire system, compressor, pompa, dll
      proses dia bekerja: umumnya sekuensial saja, diproses berdasarkan urutan program.


Tinggalkan Balasan

