Jalan-jalan ke Taman Margasatwa Ragunan – oct’07


Jalan-jalan ke Taman Margasatwa Ragunan – oct’07  

Liburan lebaran kemarin gw sempat mampir ke Taman Margasatwa Ragunan. J

Setelah sekian lama tidak kesini. Seingat gw terakhir kesini pas gw lagi TK dan SD.

Yang masih teringat sampe sekarang kalo kesini adalah banyak orang yang pacaran. (Bukan ingat sama binatangnya yah …) mungkin jaman SD lucu aja lihat orang pacaran berdua-duaan … J

Memang tempatnya mendukung sekali Karena banyak tempat duduk dan pohon2 yang rindang.

Nah karena sudah lama banget nggak kesini, jadi pengen tahu juga sudah sejauh mana perubahannya dan pengen juga punya koleksi photo2 daerah sini. Siapa tahu ada yang bagus. Oh iya kebetulan gw suka aja koleksi photo2 daerah yang gw kunjungi.

Rencananya sih mau pergi sendiri aja naik busway. Jadi lebih santai. Nggak kena macet dan memang blum tentu mobilnya available karena biasanya kepakai sama adik gw buat kerja.

Sewaktu ngobrol dengan sepupu gw mengenai rencana gw kesini, dia kasih tahu kalo ragunan ada tempat yang bagus. Yaitu schmutzer. Tempat gorilla dan sebangsanya. dia bilang tempatnya bagus banget.

Akhirnya gw ajakin adik gw dan sepupu kalo mereka mau ikutan. Dan mereka pada mau.

Trus gw ajakin tante gw juga biar tambah rame. Sedangkan ortu sih nggak mau pas gw ajak. Lagian kasihan juga naik bus dan busway.

Setelah berdiskusi beberapa kali akhirnya diputuskan naik Metromini dulu sampe ITC Cempaka Mas setelah itu dilanjutkan dengan naik Busway. Nah nampaknya naik busway bisa beberapa kali pindah busway. Gw sempat juga cari info seputar ragunan di internet. Tapi minim banget euy. Official sitenya aja cuman satu halaman doang. Dah itu nggak ada galerinya…. Jauh banget sama tourism di Singapore dan Malaysia yang infonya dengan mudah bisa di dapat di internet.

Hari-H nya, ada dua sepupu gw yang nggak jadi ikut karena harus kuliah. Oh iya hari itu adalah hari rabu.

Kami bareng sama adik gw yang berangkat kerja, rencananya sih numpang sampe ITC Cempaka Mas. Tapi pas dalam perjalanan, gw minta supaya sampe ke kuningan aja. Biar langsung naik Buswaynya sekali aja ke ragunan. (rute Kuningan-Ragunan). Dan nggak perlu pindah2 busway. dan dia setuju walaupun jadinya dia muter dulu ke kuningan sebelum sampe di kantornya. Alamak ternyata muacaet banget dari plumpang sampe perempatan cempaka putih. Ini gara2 pembangunan jalur busway priok-cililitan. Puih …. Dah lama gw nggak ngerasain macet sejak gw pindah ke batam. Dulu sih waktu gw masih kerja di Jakarta ndak semacet ini … akhirnya setelah melewati perempatan cempaka putih, jalanan lancar juga. Sampe deh di kuningan.

Setelah itu kami naik Busway, haltenya nggak jauh dari kantor gw yang lama. Dekat Wisma Budi. Hehehe … jadi teringat masa lalu waktu kerja disitu. Pengen mampir sih tapi nggak enaklah sama sodara2 gw yang lain. Lagian sudah rada siang. Nanti di ragunannya ndak bisa lama-lama. Asyik juga ada busway, jadi nggak terlalu bermacet2 ria di jalan. Sudah itu cuman 3500 perak bisa kemana2 trus ada AC yang lumayan dingin (kebetulan waktu itu nggak penuh.. tahu deh kalo penuh terasa atau tidak) dan trus makin nambah jalurnya. Salut sama bang yos (mantan gubernur yang baru saja diganti karena sudah habis masa jabatannya) yang tetap maju trus walaupun di kecam banyak pihak. Akhirnya terbukti memang busway banyak yang suka. J

Sempe di ragunan sekitar jam 10:30 an. Gw lihat dari busway kalo gerbangnya masih sama kayak yang dulu waktu gw kecil. Oh iya, kami masih nunggu sepupu gw satu lagi yang nyusul dari depok. Kebetulan dia kuliah dan nge-kost disana. Tapi akhirnya kami masuk duluan dan janjian tunggu di depan schmutzer.

 

Gw lumayan surprise banget sama harga tiket masuknya yang cuman 4 rb perak doang.

  

Kalo di bandingin sama Singapore Zoo …. Yang sktr 85 rb an (14 sing dollar) …. Jauh banget kan…

  

Pas gw masuk ke dalam, tempatnya bersih .. nggak kotor… mungkin karena sepi yah …

 

Di depan pintu masuk ada peta ….
denah bonbin ragunan

Sayang… harusnya ada peta gratisan kayak di sing … cuman kembali lagi … lah wong bayar masuknya aja cuman 4 rb …. Mau ngarepin macem2 ….. :p

Nanti kalo kemahalan, orang2 pada males kesini …..  

Maklum lah … di Jakarta masih banyak orang yang nggak kaya …. Mau makan aja susah … pa lagi mau mikirin jalan2 ke tempat wisata .….

  

100_1478.jpg

100_1482.jpg 

100_1487.jpg

100_1494.jpg 

100_1498.jpg

Kalo nggak rame … bersih kan …..

   

100_1500.jpg
Gajah … binatang yang amat besar …. Hidungnya lebar telinganya panjang … eh salah rek …. Hidungnya panhang … telinganya lebar …. Jadi ingat boneka susan ….  Jaman smp dulu … ;p

    

100_1508.jpg
Hehehe … jerapahnya ngeledekin gw …..😉

  

100_1510.jpg
Komodo lagi nyante di bawah rerimbunan pohon ….

   

(kalo hari libur ada yang bilang kotor banget .. karena orangnya rame banget) … kebanyakan orang jam segitu masih kerja atau sekolah …  ada sih anak2 smu yang kelihatan.. dan ada yang berdua2an …  mungkin mereka bolos atau ….. (kayaknya sih bolos … masak sebelum jam 12 an sudah berkeliaran diluar …. Kayaknya nggak mungkin pulang cepet … emangnya anak SD yang ada pulang ½ hari alias sampe jam 10😉

Dulu gw aja pulang jam 2 … (plus tambah 2 jam buat pengayaan … jadi pulangnya jam 4 … tapi jangan dibandingin sama sekolah gw lah … kayaknya ndak se-level … hihihihi ….)

Ok.. setelah muter2 dikit (nggak sempat puterin semua) …

Akhirnya kami tunggu sepupu yang mau nyusul di depan pintu masuk schmutzer .. wah dari depan emang keren banget tempatnya. Masuknya juga murah banget. Cuman 5 rb aja.

 

 

100_1513.jpg

 

100_1512.jpg

 

Setelah sepupu datang, akhirnya kami masuk ke dalam dengan tentunya beli tiket dulu. Lalu titip tas. Oh iya dulu katanya boleh bawa tas, cuman karena ada kejadian orang kasih makan ke binatang2 ini akhirnya binatang ini pada sakit… mereka ndak bisa dikasih makan sembarangan…. Sejak kejadian itu … tas yang berisi makanan harus diperiksa dan dititip. Tapi jangan khawatir ternyata didalam disediakan minuma yang langsung diminum dari kran khusus untuk minum (kayak di perusahan gw, di yard (lapangan)). Wah gw takjub juga pas masuk …. Ternyata keren banget design tempatnya. Terasa modern .. (di blog yang lain ada yang bilang kayak diluar negri … gw sih mengamini deh …. Kebetulan tempat ini disumbangin sama ibu schmutzer (bule) yang cinta banget sama primate .. dan bener2 dibangun tempat yang bagus buat mereka dan pengunjung)… Kita melewati jalan atas yang dibawahnya merupakan tempat gorilla… kita bisa lihat mereka dari atas…

100_1532.jpg

  

Setelah itu kita turun dah bisa muter2 untuk lihat kandang primata yang lain … dari bawah, kelihatan keren sekali jalan di atas itu…
img_0001.jpg

  

100_1565.jpg
Ini merupakan salah satu tempat primata juga … keren juga ada air terjun kecil ..

  

Oh iya … ada juga ada beberapa tanda peringatan seperti jangan ketok kaca tapi di bikin gambar kartunnya ….  Lucu juga ngelihatnya ….
img_0035.jpg

   

Nah setelah puas dan sudah jam 2 an juga … akhirnya kami memutuskan keluar dari tempat ini ….

Tapi ternyata ada ruangan pusat pendidikan primate .. semacam mesium gitu deh … yang berisi info2 seputar primate … di lengkapi dengan beberapa patung2 yang diwarna warnain … menarik buat anak2 ….

Nah setelah itu baru kita benar2 keluar …

Setelah itu kami shalat dzuhur trus makan trus shalat ashar ….  Muter dikit cari baby zoo … karena ada sepupu yang penasaran katanya ada …  tapi nampaknya nggak ada setelah muter2 dan tanya2 ….

Karena sudah sore akhirnya kami pulang dan naik busway lagi kea rah kuningan…. Transfer di dukuh atas dan transfer lagi di harmoni …. Dan keluar di halte cempaka mas … dan makan malam di dalam …. Eh ternyata ada juga sate mak syukur disini ….😉

Ternyata nggak cuman di gading (buat daerah jakut) … di itc cempaka mas juga ada … dan akhirnya kami dijemput sama adik gw setelah kami minta … yang mmng sekalian pulang dari kantornya …. Hehehehe …..  lumayan deh … perjalanannya cukup berkesan ….

Ditulis dalam Jakarta. 6 Comments »

6 Tanggapan to “Jalan-jalan ke Taman Margasatwa Ragunan – oct’07”

  1. galang prDAna Says:

    diharapkan ragunan lebih meningkatkan fasilitas dan sekaligus menjaganya dengan baik lebih dirawat lagi hewan2nya agar dapat hidup sehat, “kan kasihan kalau sakit”

  2. tfk Says:

    iya mas, sekarang ragunan udah beda jauh sama dulu,, waktu si mas pergi, mobol boleh masuk ke dalam areal bonbin ga? kemaren aku perginya pas natal 2008 mobil dan motor boleh masuk kesana (sampe kedalam, bukan cuma di tempat parkir.)
    pusat primata scmutzer nya juga oke bgt. top lah buat bonbin di indonesia kallo udah bisa mencapai perkembangan segitu.
    salam

    • juare97 Says:

      mobil dan motor waktu itu nggak boleh masuk tuh ….

      loh kalo masuk nanti hewannya cium asap knalpot dong …. kasihan sekali ….
      jalan2 disana juga jadi nggak nyaman tuh …. kan biasanya pas hari libur banyak keluarga yang gelar tikar untuk makan siang bersama keluarga …

  3. abdulgofur Says:

    iya mas semoga taman marga satwa makin lebih nyaman dan full edukasi buat anak-anak,,, bernilai hal-hal yang positif,,,,

  4. arifin buwana Says:

    Lebaran kedua kemarin sy berkunjung kesana jadi bingung mau kemana karena tidak tahu denahnya, yah jadi asal aja arahnya dan satwapun yang ketemu aja mungkin karena banyaknya pengunjung dan yang membuat suasana jadi gak nyaman,kendaraan bermotor yang di perbolehkan masuk.Pusat primata juga baru tahu skarang tuh, nanti deh sy ksana.Mungkin kalau di bekali selembar denah asyik kali yah,kunjungan kita jadi lebih terarah.

    • juare97 Says:

      btul. cuman karena bayarnya murah mungkin mereka tidak bisa cetak denah.
      Denahnya bisa dilihat dipapan dekat pintu masuk.
      Pusat Primata tempatnya bagus …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: