pertimbangan beli kamera digital pocket


kebetulan banyak teman yang bertanya ketika mereka ingin membeli kamera digital pocket … biasanya saya kasih saran sebagai berikut …

  1. Compact atau biasa (gede), enakan compact bisa ditaro di saku …. Tdk butuh tas besar ….
  2. Battery: battery charger atau baterai AA/battery AA charger … salah satunya gara2 battery ini yang bikin dia gede atau compact ….
  3. Memory Card: SD, MMC, XD, CF, CF-II, Memory Stick, etc … SD dan MMC termasuk memory murah dan mudah dibeli karena banyak yang produksi  ….  Minimal beli yang 512 MB lah …
  4. Optical Zoom: biasa atau bermerk (Schneider Kruz (Kodak), Carl Zeins (Sony), etc), …….minimal zoom 3x … ada yang bilang lebih bagus kalo hasilnya kalo lensanya ke depan dibandingkan ke samping ….  cuman teknologi sekarang sudah mulai ke samping … karena bikin kamera jadi lebih tipis …
  5. Digital Zoom, terserah mau berapa kali yang penting Optical Zoom …. digital zoom biasanya hanya cropping (potong) gambarnya saja … jadi kelihatan di zoom … padahal hanya motong gambar .. cuman dibantu software biar lebih jelas dikit …..
  6. Warranty 1 th, …….. barang kayak gini nggak ada jaminan tahan lama … trus harus jelas dibawa kemana kalo rusak … kalo rusak biasanya muahal ….bahkan mending beli yang baru ….  nggak kayak kamera analog ….
  7. Pixel: jaman skrg min. 5MP lah …. udah cukup segini … lagian kalo saya biasanya saya setting lebih kecil dari ini … buat menghemat ukuran filenya nanti …. kecuali untuk momen khusus aja … kayak photo2 bareng, dll …..
  8. Fitur Auto dan Manual (ISO Speed (minimal ada yang ISO 400, ), Exposure, Scene Mode, etc) …
  9. Merk yang terkenal di bidang Digicam: Canon, Kodak, Nikon, Sony, de el el …

 Nah dengan harga min. 2.5 jt dah dapat yang bagus  ….. 

kebetulan saya sudah 2x beli kamera digital dan banding2in juga hasilnya dengan beberapa merek kamera digital ….. sebetulnya sih dah banyak merk dengan hasil photo yang bagus ….  jadi yah tinggal masalah selera aja …. dan tentunya “tebal” kantong kita 🙂

Happy hunting ……. 🙂

Ditulis dalam Technical. 4 Comments »

4 Tanggapan to “pertimbangan beli kamera digital pocket”

  1. novi Says:

    Saya tertarik dengan saran-saran yang anda berikan.
    Saya berencana membeli camera digital pocket, saya ingin minta saran anda sebaiknya saya memilih camera merk apa yang memilki kriteria seperti yang anda tulis diatas. Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih.

    • juare97 Says:

      kata orang2 … canon, kodak, sony, nikon …..
      tapi saya lebih suka canon dan kodak …..
      cuman karena pernah beli canon ixus II .. 1 th 1 bulan pakai rusak … akhirnya sekarang pakai kodak …. masih tahan sampai sekarang (3 th lebih .. Kodak v530) ….
      canon bagus hasil photonya …. natural …. kalo kodak lebih cerah/bewarna dikit … tapi saya tetap suka hasilnya ….

  2. Marx Peterson Says:

    Thanks atas Informasinya mas, kebetulan saya mw beli kamera Kodak, klo canon agak sedikit ragu karena saya baca koran ada yg kecewa dgn purna jualnya, sy sudah punya kamera Digital samsung tapi kecewa dengan hasil gambarnya, tolong priveiw kodak kelebihan dan kekurangannya, terima kasih 🙂

    • juare97 Says:

      sama dengan jawaban diatas, sampai sekarang kodak v530 saya masih bagus. cuman bautnya saja ada beberapa yang lepas sehingga akhirnya saya tempel lem isolasi aja … hehehhe 🙂

      sampai saat ini hasil warnanya pun masih cerah …
      jadi kemungkinan kalau nanti rusak … saya mau beli kodak lagi …

      oh iya kodak lebih murah dari canon.

      kalo anda ingin beli kodak, beli yang series V aja …. agak lebih mahal tapi kecil dan bagus modelnya.


Tinggalkan Balasan

