Jalan-jalan ke Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Bogor


Oleh-oleh Liburan beberapa minggu yang lalu ….

photo-photo di taman buah mekar sari.

Areanya luas juga dan tiket masuknya tidak terlalu mahal. Selain itu kalau pakai debit BNI bisa diskon.

Setelah masuk, kami naik Trem untuk keliling Area. Tentunya naik Trem ini harus bayar lagi.

Harusnya sih ada airnya, tetapi pas kesana kayaknya lagi dimatikan. Mungkin karena hari biasa kali yah.

Nah ternyata kita bisa turun di area Rekreasi Danau dan Outbond.

Jadi kalau ada rencana bawa makanan sendiri, jangan lupa sekalian bawa makanannya ketika naik trem (plus tikar).

Permainan di rekreasi danau juga harus merogoh kocek.

Nah kami naik perahu naga keliling danau.

Setelah itu kembali Naik Trem ke Area depan. Kebetulan hari itu hari Jumat jadi tidak bisa berlama-lama karena sudah mendekati Sholat Jumat.

Sayang nggak sempat naik ke gedung tsb untuk lihat pemandangan dari atas … maybe next time….

Nah kalau yang ini FamilyGarden …

Bagi yang suka metik terong panjang-panjang kayak ular bisa dilakukan disini.

Selain itu dijual juga tanaman pot.

Kincir angin … (pertanian modern)

Disini ada kuda 2 ekor ….

Kalau kata istri saya, pas weekend ramai sekali …

Karena kita perginya pas Hari Jumat maka pengunjung tidak ramai…

Info lainnya:

http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Wisata_Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

 

Pintu gerbang Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia, sekaligus merupakan tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

Lokasi

Taman wisata ini berlokasi di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi ini bisa dicapai dengan angkutan umum dari Jakarta, Bogor maupun Bekasi, jurusan yang menuju ke Jonggol.

 

Sabut Kelapa Outbound

Taman seluas 264 hektar ini dilengkapi dengan sarana wisata untuk wisatawan nusantara maupun mancanegara. Wisata di tengah taman buah didukung oleh berbagai wahana yang mendekatkan pengunjung kepada alam, di anataranya:

  • FamilyGarden,
  • Rekreasi Danau (20 ha),
  • Baby Zoo,
  • Rusa Tutul,
  • GardenCenter,
  • Greenhouse Melon,
  • Outbound,
  • Bunga Bangkai,
  • KidsFunValley,
  • Menara Pandang,
  • Bangunan Air Terjun (Puri Tirto Sari).

Kegiatan-kegiatan yang menjadi favorit pengunjung antara lain:

  • Company Gathering,
  • Piknik Keluarga,
  • Wisata Kebun Buah/Sayur,
  • Barbeque,
  • Senam Pagi,
  • Fruitwalk (jalan-jalan di kebun buah).

http://www.puncakview.com/MekarSari.htm

TAMAN WISATA MEKAR SARI
Jl. Raya Cileungsi – Jonggol Km. 3, Cileungsi, Bogor
Telp. 021-8231811-13 Fax. 021-8231475 Website: http://www.mekarsari.com

v

Bila Taman Wisata Mekarsari merupakan taman eksotis yang mengkoleksi beragam jenis tanaman buah-buahan dari berbagai daerah di Indonesia. Letaknya ada di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol Kabupaten Bogor. Bila dari Jakarta waktu tempuh untuk menuju ke tempat ini lebih kurang satu jam. PT Mekar Unggul Sari sebagai pengelola Taman Wisata Mekarsari menawarkan banyak program menarik dengan fasilitas yang komplit. Begitu berada di Taman Wisata yang luasnya mencapai 264 hektar ini, kita akan disuguhi bermacam jenis atraksi wisata.Kunjungan bisa diawali berkeliling menggunakan kereta wisata untuk menyaksikan koleksi tanaman yang ada. Selama berkeliling kita akan melewati beberapa obyek-obyek menarik seperti, areal pembibitan, persemaian, areal rumah plastik, wahana outbound, kebun sayur, kolam pemancingan, tanaman buah dalam pot, kebun wisata melon, kebun salak, rambutan, jeruk, nangka, belimbing dan lain sebagainya.

Saat melewati kebun wisata melon, sebaiknya kita turun sejenak untuk melihat tanaman melon yang ada di dalam rumah plastik. Bila saat berkunjung tanaman melon sedang berbuah, kita bisa memetik melon langsung dari batangnya. Jenis melon yang tersedia cukup beragam, seperti melon golden light, jade flower, glamour, golden langkawi, dan renong. Setelah puas berkeliling dengan kereta wisata, kita bisa istirahat sejenak di bangunan air terjun. Bangunan ini cukup unik bila dilihat dari luar, karena dari atas gedung mengalir air ke bawah layaknya air terjun.

Buah Unggulan
Taman Wisata Mekarsari saat ini sudah mengkoleksi ribuan tanaman dari beberapa jenis species. Selain buah yang ditanam sesuai dengan aslinya, ada juga tanaman buah yang merupakan hasil kreasi sendiri dari Laboratorium Mekarsari. Beberapa produk yang telah dihasilkan dari laboratorium ini telah berhasil menarik minat pengunjung, bahkan sudah menjadi produk unggulan. Sebut saja seperti nenas arnis, barbados cherry, jambu air irung petruk, jambu air toon klow, jambu air cengkih, nangkadak, cempeka dan pedakka.
Tiga jenis buah yang disebut terakhir adalah hasil persilangan antara cempedak dan nangka. Rasa dan aromanya sangat khas. Manis seperti cempedak namun bentuknya seperti nangka. Saat ini tanaman tersebut sedang dalam pengembangan. Bila tertarik untuk membeli bibitnya, bisa di dapat di GardenCenter, tempat yang mengkhususkan menjual aneka bibit tanaman buah.

Paket Program Wisata
Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Mekarsari, mulai dari wisata petik buah, wisata mainan anak-anak, outbound sampai wisata pendidikan. Untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut kita bisa memilih paket-paket yang telah disediakan oleh pengelola, seperti paket tur menanam, budidaya tanaman, tur berkebun, paket pelajar, paket perusahaan, perkemahan, outbound, kultur jaringan tanaman, paket hiburan dan masih banyak lagi. Semua paket-paket tersebut sengaja dibuat untuk memudahkan kita melakukan aktivitas selama berada di kebun buah tropis terbesar di dunia ini.

Bila Anda tertarik untuk mengunjungi Mekarsari, segeralah jadwalkan kunjungan Anda. Untuk lebih memberikan kenyamanan dan kepuasan, sebaiknya Anda konfirmasi terlebih dahulu melalui telepon, guna menda-patkan informasi yang cukup jelas mengenai fasilitas dan waktu yang tepat untuk berkunjung. Anda bisa menanyakan, tanaman apa saja yang sedang berbuah, karena tidak semua tanaman berbuah setiap saat secara bersamaan. Anda tentunya tidak mau kecewa dengan melihat tanaman yang ada di Mekarsari tanpa melihat buah-buah yang bergantungan.

Apalagi jika Anda berkunjung secara rombongan, tentunya harus konfirmasi terlebih dahulu agar saat berada di lokasi, Anda akan terasa lebih nyaman, dan yang pasti Anda bersama rombongan akan selalu dipandu oleh petugas lapangan sambil diberikan penjelasan tentang fasilitas yang ada. (IP/dlf)

About these ads

26 Tanggapan to “Jalan-jalan ke Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Bogor”

  1. Hendrawati setiawan Says:

    Tolong cantumkan harga outbound secara lengkap, biar bisa merinci dari awal. makasih.

  2. Bintang Says:

    Kalau ke Taman Buah Mekarsari sebaiknya masuk pagi sebelum jam 7.
    Selain harga tiket lebih murah juga suasana di dalam jauh lebih indah,
    karena masih sepi dan dingin.

  3. joko winarto Says:

    Mohon infonya: saya mau bawa anak yatim piatu. kira2 permainan apa yg pas dan perlu biaya berapa mulai masuk sampai dengan keluar lagi. tidaj termasuk makan dan transportasi. Terima kasih.

  4. Frank Says:

    disana ada akses sepeda motor ga mas?

  5. ely nurani Says:

    berapa harga tiket masuk dan berenang ??

    • juare97 Says:

      wah saya sudah lupa… tapi kayaknya nggak mahal sih … kurang dari 50rb untuk tiket masuk.
      untuk berenang?, ada kolam renang kah? kayaknya nggak ada. kecuali kalau mau nyebur ke danau.
      yah ndak boleh.

      • rina Says:

        Tiket masuk mencakup apa saja ya pak? karena saya baca di papannya 15.000/orang
        dan untuk kendaraan 15.000 juga.

        kalau 50 ribu itu mencakup apa saja?

        tks

      • juare97 Says:

        wah saya sudah lupa mbak …
        seingat saya pas pintu masuk bayar ..
        lalu naik trem bayar lagi ..
        naik kapal juga bayar lagi ..

  6. dwi nurdianto Says:

    mas saya pingin sharing2,tolong saya minta di add di messengger ni alamat email saya dwi_nnner@yahoo.co.id
    makasih sebelumnya

    • juare97 Says:

      wah dah jarang online pakai ym. kalau ada pertanyaan silahkan lontarkan saja disini. Saya hanya tahu umum saja, kalau detail yah kurang tahu mengingat saya hanya pengunjung saja dan baru sekali ke mekarsari.

  7. sonya Says:

    thank you buat infonya, sangat membantu karena sampai saat ini saya cari website mereka tidak adasama sekali :(

    Mau tanya untuk kid fun valley itu seperti apa ya Pak ? Terima kasih.

  8. mamamia Says:

    saya dari malaysia dan akan terbang ke jakarta pada tanggal 10 november 2012…adakah ini yang dinamakan TAMAN BUAH CILENG…boleh berikan saya maklumat lanjut tentang tiket dan apa saja pembayaran semasa disan dan apa keistimewaan yang tersedia di situ

    • juare97 Says:

      maksudnya taman buah di cileungsi yah? mekarsari di cileungsi.

      tiket masuk tidak mahal lah.
      tapi ada beberapa tempat yang harus bayar seperti naik perahu, outbond, nonton pertunjukan, dll. tapi tidak mahal juga.
      siapkan saja rupiah yang banyak … :)

  9. wawan Says:

    pengalaman sy ke mekarsari klo naik trem kita tidak bisa menikmati atau melihat-lihat aneka tanaman dan pohon-pohonan karena trem langsung ketujuan yaitu telaga dan juga klo pake paket paling berhenti di dua tempat yaitu di perkebunan melon sama belimbing atau salak. jadi baiknya sewa aja sepeda supaya kita bisa berhenti di disetiap tempat.

  10. sutangsa Says:

    kami mau berkunjung ke taman buah mohon informasi untuk tiket masuk perorangan dan parkir kendaraan bus. tolong jawabannya segera, mksh y atas informasinya.

  11. Jemi Says:

    Mo tny donk. Hari Ini cuaca dTB Mekarsari gmn


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: